Beranda Berita Gowes di Kota Tua, PDI Perjuangan Ingin Rasakan Jakarta Era Dulu

Gowes di Kota Tua, PDI Perjuangan Ingin Rasakan Jakarta Era Dulu

206
0

PDI Perjuangan kembali menggelar kegiatan gowes atau bersepeda santai. Kali ini yang dituju adalah kawasan Kota Tua, Jakarta. Yang ingin dicapai, adalah belajar sejarah Jakarta di awal-awal berdirinya.

Kali ini, kegiatan tersebut bersamaan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober lalu, sekaligus menyambut Hari Pahlawan 10 November mendatang.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga, mengatakan pihaknya sengaja memilih kawasan Kota Tua sebagai lokasi gowes karena identik dengan sejarah Jakarta. Pada masa kolonial Belanda di tahun 1600-an, wilayah yang dulunya bernama Batavia ini merupakan salah satu titik perdagangan Kerajaan Sunda.

Di Pelabuhan Sunda Kelapa atau Kota Tua inilah, Persatuan Perusahaan Hindia Timur Belanda atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) mengendalikan perdagangan, politik hingga kekuasaan militer di bumi Nusantara. Dia berharap, lewat gowes dapat membawa peserta untuk mengenang peradaban Kota Jakarta yang pada masa lampau.

Adapun kegiatan gowes diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan kader, simpatisan PDI Perjuangan dan masyarakat umum. Panjang lintasannya sekitar 6,5 kilometer diawali dari kawasan Kota Tua menuju Jalan Hayam Wuruk, dan berputar arah ke Jalan Gajah Mada untuk kembali ke titik pemberangkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here