Beranda Berita Kehadiran KPP Dukung Pengambilan Kebijakan Responsif Gender

Kehadiran KPP Dukung Pengambilan Kebijakan Responsif Gender

262
0

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Kalimantan Tengah (Kalteng) Andina Theresia Narang mengatakan, KPP Kalteng semakin memperkuat peran perempuan sebagai penyeimbang dalam pengambilan keputusan di lembaga legislatif yang ramah perempuan.

Melihat peningkatan jumlah perolehan kursi anggota legislatif perempuan, hal ini menunjukkan bahwa kaum perempuan diharapkan mampu menjadi saluran aspirasi masyarakat/konstituen.

Keterwakilan perempuan bukan saja sebagai pemenuhan keinginan peraturan perundangan undangan tetapi dapat membawa dampak atau perubahan dalam setiap kebijakan publik dan untuk melahirkan kebijakan kebijakan yang responsif gender dalam pengambilan dan penetapan suatu keputusan.

“Saya harapkan KPP bisa membuat program sesuai dengan peran fungsi sebagai anggota legislatif dalam pengarusutamaan gender, sosialisasi pendidikan politik bagi kaum muda, lebih mempertajam program dan sasaran prioritas dalam pembangunan yang pro gender,” harap legislator PDI Perjuangan ini, Sabtu 20 Maret 2021.

Disebutkan, KPP memiliki peran penting mengingat semakin banyak kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas pembangunan baik pendidikan, kesehatan dan perekonomian apalagi disaat sekarang bangsa Indonesia juga dunia sedang mengalami pandemi Covid-19, yang mana kaum rentan yaitu ibu dan anak mengalami dampak yang sangat besar yang harus diperjuangkan dan yang memahami itu adalah kaum perempuan sendiri.

Dia berharap agar KPP di kabupaten/kota dapat membuat kebijakan dan program kerja yang dapat menjawab berbagai permasalahan masyarakat yang begitu dinamis. Belum lama ini, Andina mengukuhkan pengurus KPP Bartim periode 2021-2024.

Dia berharap pengurus yang telah dilantik bisa menjalankan kegiatan keorganisasian KPP dengan tetap berpegang pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia

“Saya berharap sebagai pengurus KPP yang juga merupakan Anggota parlemen dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik sebagai penyambung dan penyalur aspirasi masyarakat terkhusus di Kabupaten Bartim,” demikian Andina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here