Beranda Berita Gubernur Koster Fasilitasi Vaksinasi Pekerja Migran Asal Bali

Gubernur Koster Fasilitasi Vaksinasi Pekerja Migran Asal Bali

270
0

Para pekerja migran Indonesia asal Bali difasilitasi oleh Pemprov Bali untuk mendapat vaksinasi Covid-19. Mereka akan disuntik sebelum bekerja kembali ke luar negeri.

“Pekerja migran yang akan berangkat kami fasilitasi dan programkan untuk divaksinasi. Wajib itu dan kami akan bantu,” kata Gubernur Bali I Wayan Koster saat menerima audiensi Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Bali di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (15/3/2021).

Menurut Koster, tenaga kerja asli Bali yang merantau ke luar negeri harus diproteksi dan difasilitasi dengan baik. Pemerintah mesti memberikan dukungan dan mempermudah prosesnya menuju negara pemberi kerja.

“Untuk itu yang perlu vaksin, segera didata dengan baik. By name by address, tempat kerjanya di mana, perusahaan atau atasannya siapa, harus lengkap dan terorganisir. Ikuti mekanisme di kabupaten/kota,” ujarnya.

Koster mengatakan, pekerja migran asal Bali sudah selayaknya mendapat perhatian. Apalagi di tengah pandemi dan situasi ekonomi tak menentu seperti saat ini. Seperti di Tanah Abang, Pemprov DKI Akan Relokasi PKL Jatinegara Dengan begitu, para pekerja yang sebagian besar bekerja di kapal pesiar itu diharapkan dapat memperoleh pekerjaan dengan status jelas.

“Ini patut kita syukuri sebenarnya,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengupayakan terpenuhinya program vaksinasi bagi PMI Bali yang diperkirakan jumlahnya lebih dari 26.000 orang. Vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap dengan prioritas pertama 5.000 PMI yang sudah siap berangkat atau sudah diikat kontrak kerja.

“Untuk itu harus tertib data agar bisa dilayani dengan baik dan dilaksanakan secara bertahap,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here