Beranda Berita Indonesia Banyak Ditempa Bencana, DPR RI Terus Awasi Penanganan Bencana

Indonesia Banyak Ditempa Bencana, DPR RI Terus Awasi Penanganan Bencana

350
0

Kabar duka kembali datang di negeri ini, pelbagai bencana terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti bencana banjir di Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat hingga longsor di Sumedang, Jawa Barat.

Bencana yang telah menimpa itu menjadi perhatian pelbagai elemen masyarakat, tak terkecuali politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Melalui unggahan yang diposting pada akun Instagramnya, Puan Maharani menuturkan bahwa DPR RI terus mengawasi penanganan terhadap bencana yang terjadi di negeri ini.

“DPR-RI terus mengawasi penanganan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia dan mendorong Pemerintah Daerah dan Pusat untuk selalu bertindak cepat,” tulis Puan Maharani, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari unggahan yang diposting @puanmaharani 16 Januari 2021.

Dalam unggahannya, Puan Maharani juga turut menyampaikan dukacita atas bencana yang terjadi di Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, serta Sumedang, Jawa Barat.

“Kita turut berduka melihat tiga bencana yang terjadi belakangan ini di Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sumedang, Jawa Barat,” tulisnya.

“Pemerintah Daerah dan Pusat perlu menggerakkan seluruh daya dalam penyelamatan dan pencarian korban, serta menolong masyarakat yang terdampak,” tulisnya menambahkan.

Di samping itu, politisi PDIP itu juga menyampaikan bahwa pemerintah harus sigap melakukan mitigasi dan penanggulangan bencana serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Pemerintah juga harus sigap lakukan mitigasi dan penanggulangan bencana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. #PrayforIndonesia,” demikian ditulis oleh Ketua DPR RI itu.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Panglima TNI dan Kapolri agar secepatnya mengirimkan bantuan kepada korban bencana alam banjir yang menimpa Kalimantan Selatan.

“Saya sudah telepon Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendapatkan laporan mengenai banjir di Kalsel. Saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirimkan bantuan,” tutur Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat 15 Januari 2021.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa bantuan yang perlu dikirimkan pada wilayah tersebut yakni yang berkaitan dengan perahu karet, lantaran sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor, lantaran terjadi peningkatan curah hujan pada bulan ini. Ia pun mengatakan bakal terus memantau perkembangan bencana yang terjadi di negeri ini.

“Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG. Saya akan terus memantau perkembangan bencana di Tanah Air baik yang di Sumedang, Sulawesi Barat kemudian di Kalsel,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here