Beranda Berita DPP PDI Perjuangan Riau Lakukan Penanaman Pohon di Pinggir Sungai Siak

DPP PDI Perjuangan Riau Lakukan Penanaman Pohon di Pinggir Sungai Siak

349
0

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ke-48, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Riau dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pekanbaru melakukan penanaman pohon di pinggiran Sungai Siak.

Penanaman pohon yang dilaksanakan para pengurus DPC, DPD dan semua Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Pekanbaru ini disaksikan langsung oleh Lurah Tirta Siak, Ketua LPM, dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Zukri mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-48 PDIP, sekaligus sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap lingkungan yang semakin memburuk, sesuai dengan intruksi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Penanaman pohon ini, ujar Zukri, bertujuan untuk menjaga aliran sungai dan nantinya akan berdampak pada bagusnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Siak, apalagi Sungai Siak ini merupakan sungai yang cukup memiliki sejarah panjang di Riau, khususnya Pekanbaru.

“Saya harap penanaman pohon ini tidak hanya sekedar seremonial, ini harus terus dilanjutkan. Sungai harus diperhatikan karena itu sumber penghidupan, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Pekanbaru siap?” tanyanya kepada kader yang hadir dan langsung dijawab ‘siap’ oleh para kader.

Fraksi PDI Perjuangan di daerah manapun, lanjut Zukri, harus mendorong dan mengawal setiap kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan. Sehingga, udara di daerahnya bisa semakin sehat dan dia yakin kader PDIP bisa melaksanakan tugas tersebut.

Ia mengutarakann siap jika memang ada yang membutuhkan bantuan bibit pohon dan yang berkaitan dengan persoalan lingkungan lainnya.

“Kalau penghijauan ini terus dilakukan dengan masif, lingkungan kita akan baik, udara makin sehat. Kalau semua itu sudah baik, artinya kita sudah melahirkan oksigen yang baik untuk masyarakat,” tambah Zukri

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau, Syafaruddin Poti menambahkan, penanaman pohon ini memiliki efek yang sangat besar, terutama dalam mencegah abrasi yang menjadi keluhan masyarakat di pinggiran sungai.

“Inilah yang diharapkan Ketua Umum kami, dan sudah diimplementasikan kader oleh PDI Perjuangan. Makanya, kedepannya kegiatan ini harus terus dilakukan para kader PDI Perjuangan yang ada di legislatif dan eksekutif. Intinya, pemerintah harus menjaga lingkungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Pekanbaru, Robin P Hutagalung menegaskan bahwa kerja kader tida hanya sebatas menanam pohon saja, tapi juga harus merawat pohon tersebut agar tetap tumbuh dan memberikan oksigen yang bersih untuk warga Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here