Beranda Berita Komisi IX DPR Klaim Dorong Pengembangan Vaksin Merah Putih

Komisi IX DPR Klaim Dorong Pengembangan Vaksin Merah Putih

366
0

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Sri Rahayu mengatakan pihaknya mendorong pengembangan vaksin Merah-Putih hasil karya anak bangsa yang saat ini sedang dikembangkan oleh Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman.

Sri mengklaim, dalam rapat kerja Komisi IX DPR bersama Menristek, Biofarma, dan Kementerian Kesehatan, selalu mengedepankan pengembangan vaksin Merah-Putih. Meski ia tidak memungkiri, saat ini pemerintah telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan luar negeri untuk mendapatkan vaksin covid-19.

“Kami sangat mendukung sekali [pengembangan vaksin Merah-Putih], ketika kita raker dengan Menristek, Biofarma,Kemenkes kita dorong vaksin dalam negeri, tentu kami semua menunggu hasil. Namun demikian, karena memang semuanya masih dalam proses, kita melakukan kerja sama dengan berbagai pihak,” kata Sri

Untuk saat ini, pemerintah sedang menunggu ketersediaan vaksin Covid-19 baik dari dalam maupun luar negeri. vaksin covid-19 yang didatangkan dari luar negeri seperti vaksin Sinovac, Sinopharm (G42), dan CanSino memiliki jumlah produksi yang terbatas, sehingga kerja sama dengan tiga perusahaan asing tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia.

Sementara itu, jika vaksin Merah-Putih milik Eijkman telah lebih dulu siap pakai, tentunya pemerintah akan memprioritaskan penggunaan vaksin dalam negeri.

“Kalau misalnya vaksin Merah-Putih lebih dulu, tentu kita dorong karya anak bangsa, itu hasil kesepakatan kami dalam rapat kerja. Sedangkan [vaksin] yang dari luar negeri, ada timing, jumlah, yang terbatas, karena ga mampu dalam jumlah besar, sehingga semuanya saling melengkapi,” jelas Sri.

Sambil menunggu ketersediaan vaksin covid-19 yang aman, masyarakat tetap diminta untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta menerapkan protokol kesehatan.

“Kita selalu menyampaikan, sambil menunggu vaksin, kita harus menjaga kesehatan kita, imunitas kita harus dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi, juga menerapkan 3M,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here