Beranda Berita Puan Maharani Pastikan APBN 2021 Sudah Antisipasi Dampak Ekonomi

Puan Maharani Pastikan APBN 2021 Sudah Antisipasi Dampak Ekonomi

382
0

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyatakan bahwa APBN 2021 dirancang komprehensif untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dan mengantisipasi jika terjadi perlambatan ekonomi, khususnya akibat pandemi Covid-19.

“Dalam RAPBN 2021 sudah dibuat ruang untuk kalau nanti ekonomi melambat,” kata Puan

Puan menyampaikan setelah APBN 2021 disahkan, Pemerintah harus memperhatikan anggaran terkait bantuan sosial yang bantu meringankan beban masyarakat akibat dari pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan tersebut pun harus tepat sasaran bagi penerima sesuai dengan nama dan alamat.

“Harus diperhatikan bagaimana bansos tunai bisa langsung diberikan kepada masyarakat,” ujar Puan

Puan mengatakan bahwa pemerintah juga harus segera mengevaluasi penyaluran bansos sebelumnya. Penyaluran bansos pun harus mematuhi protokol kesehatan untuk cegah penularan virus.

“Saya juga mengimbau Pemerintah melakukan evaluasi terkait pemberian bansos. Bansos yang akan diberikan ke depan ini harus tepat sasaran, distribusi di lapangan harus tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

“Walau barangnya bisa diterima, terdistribusi dengan baik, namun jika protokol mencegah Covid tidak bisa terjaga, menimbulkan kerumunan, menimbulkan antrean panjang, itu tidak akan kondusif, satu masalah terselesaikan, namun masalah lain akan muncul kembali,” tambah Puan

Dalam Rapat Paripurna, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19 ini, program perlindungan sosial sangat krusial dan dilakukan meluas terutama bagi kelompok miskin dan rentan.

Pada 2021, Pemerintah akan mempertahankan berbagai program perlindungan sosial, di antaranya Kartu Sembako, PKH, Kartu Prakerja, Bansos Tunai, serta menyempurnakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), untuk memperbaiki ketepatan manfaat bantuan untuk masyarakat.

“Pemerintah berterima kasih dan sangat menghargai dukungan DPR RI untuk dapat terus merumuskan dan menjalankan kebijakan ekonomi dan keuangan negara yang tepat dan terukur agar Indonesia bisa melalui cobaan berat ini,” ungkap Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here