Beranda Berita PDIP Apresiasi SIkap Tegas Silvany ke PM Vanuatu di Sidang PBB

PDIP Apresiasi SIkap Tegas Silvany ke PM Vanuatu di Sidang PBB

430
0

PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada Silvany Austin Pasaribu yang dengan tegas mematahkan seluruh argumen Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Bob Loughman, soal Papua di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh para diplomat muda Indonesia di kancah internasional telah menjaga martabat dan kedaulatan bangsa.

“Ketegasannya bahwa Vanuatu tidak berhak mencampuri rumah tangga Indonesia, serta counter attack-nya yang meminta Vanuatu untuk tidak memiliki fantasi berlebihan dan sebaiknya mengurus nasib rakyatnya sendiri, patut diacungi jempol. Itulah buah kaderisasi kepemimpinan Kemlu RI yang membanggakan bangsa,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan oleh para diplomat tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia seharusnya memiliki rasa percaya diri untuk terus menunjukkan kepemimpinan strategisnya bagi dunia. Bukan hanya itu saja, kemampuan komunikasi internasional dan seni bernegosiasi dalam percaturan geopolitik dunia sangatlah penting.

“Indonesia memiliki tanggung jawab sejarah untuk memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia dan pada saat bersamaan berjuang membangun persaudaraan dunia yang lebih damai dan berkeadilan, namun tetap respect pada kedaulatan setiap negara tanpa adanya intervensi dari negara lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hasto mengungkapkan apa yang dilakukan diplomat Indonesia tersebut jauh lebih menggambarkan nasionalisme nyata dibandingkan sosok pemimpin yang hanya melihat dan memanfaatkan masa lalu demi ambisi politiknya.

“Tugas seluruh pemimpin negeri dan menjadi tugas setiap warga negara agar di tengah pandemi ini semuanya memberikan energi positif. Semangat persatuan dan bertindak nyata untuk rakyat harus lebih dikedepankan, daripada sibuk membuat kontradiksi antara ‘kami’ dan ‘kita’ yang memecah soliditas bangsa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here