Beranda Berita Wali Kota Risma Perintahkan Anak Buah Jemput Bola Tes Usap COVID-19 ke...

Wali Kota Risma Perintahkan Anak Buah Jemput Bola Tes Usap COVID-19 ke Rumah Warga

322
0

Wali Kota Tri Rismaharini (Risma) memerintahkan anak buahnya untuk melakukan jemput bola test usap Covid-19 ke rumah-rumah warga yang mengalami rawat jalan di rumahnya, atau warga yang tidak mau datang ke puskesmas untuk mengukuti test usap Covid-19.

Risma mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan test tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ini tinggal sisa yang rawat mandiri di rumah itu 170 orang, kita tes swab semuanya, hari ini mudah-mudahan sudah bisa keluar hasilnya,” kata Risma.

Langkah itu dilakukan karena saat ini Pemkot Surabaya telah memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Melalui laboratorium itu, pemkot dapat melakukan pemeriksaan spesimen secara mandiri.

“Kita sekarang bisa tes sendiri, karena punya alat sendiri. Kita juga punya reagen sendiri, sehingga 170 orang itu kita tes semua kemarin,” ujar Risma.

Meskipun begitu, Risma mengaku sempat khawatir kepada warga yang sedang menjalani rawat jalan di rumah. Terutama jika warga itu tak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Yang mereka kita khawatir kalau mereka di rumah tidak bisa disiplin, maka kita tempatkan dia di Hotel Asrama Haji,” ungkap dia.

Untuk saat ini, jumlah pasien yang menjalani perawatan di Hotel Asrama Haji semakin berkurang. Risma pun menyebut biasanya pasien yang menjalani perawatan di Hotel Asrama Haji bisa mencapai sekitar 600-an. Namun, saat ini jumlahnya tinggal puluhan orang.

“Tetapi ini kemarin terakhir sudah kita tes (swab) 45 orang. Kalau hari ini hasilnya keluar (negatif), 45 orang ini sudah (boleh pulang). Jadi tinggal yang di rumah sakit itu yang ada komorbid-nya, jadi yang punya penyakit jantung, yang punya penyakit paru-paru,” tutur dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here