Beranda Berita Megawati: Pancasila Lahir dari Nilai dan Norma Bangsa Sebelum Kemerdekaan

Megawati: Pancasila Lahir dari Nilai dan Norma Bangsa Sebelum Kemerdekaan

367
0

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan Pancasila tak bisa dilepaskan dari figur Soekarno atau Bung Karno.

Dia mengatakan Bung Karno adalah proklamator dan bapak bangsa yang telah menggali Pancasila dari bumi Indonesia. Ia pun mengatakan bahwa Pancasila lahir dari norma, tradisi dan cita-cita Bangsa Indonesia sejak dulu bahkan sebelum negara ini merdeka.

“Pancasila lahir dari nilai-nilai, norma, tradisi dan cita-cita bangsa Indonesia sejak masa lalu, bahkan jauh sebelum kemerdekaan,” kata Mega

Dalam acara itu, BPIP memberikan penghargaan kepada 75 orang ataupun kelompok yang dianggap memiliki prestasi dan dianggap mampu mengimplementasikan nilai Pancasila dalam tindakan dan kehidupan bermasyarakat. Para penerima penghargaan dibagi menjadi lima kategori, yaitu olahraga, seni budaya, sains, inovasi, kewirausahaan sosial dan tokoh penggerak lintas agama.

Mega mengatakan Pancasila sebagai warisan budaya dapat terus hidup dalam jiwa masyarakat. Menurut putri Soekarno ini, Pancasila bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan bisa menjadi bintang penuntun bagi bangsa Indonesia. Ia berharap semakin banyak orang atau kelompok yang mampu membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here