Beranda Berita Banpres Jokowi Bisa Gerakkan Roda Perekonomian Rakyat

Banpres Jokowi Bisa Gerakkan Roda Perekonomian Rakyat

359
0

Muchlas Rowi, Pengajar di Insistut Bisnis Muhammadiyah Bekasi memberi apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang telah sigap menyusun sejumlah skema untuk menggenjot konsumsi masyarakat sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi. Bahkan beberapa skema sudah diluncurkan Jokowi. Salah satunya bantuan presiden (Banpres) produktif Usaha Mikro.

Pasalnya, saat ini perekonomian global sedang menurun dikaranakan pandemic Covid-19. Bahkan banyak Negara yang lebih dahulu masuk kedalam jurang resesi. Para analis ekonomi menyebutkan bahwa Indonesia bisa saja masuk kedalam jurang resesi jika tidak segera melakukan langkah antisipatif.

Mengutip laporan Pertumbuhan Ekonomi triwulan II dari Badan Pusat Statistik (BPS), laporan tersebut menunjukkan ekonomi Indonesia mengalami konstraksi sebesar 5,32 persen atau untuk pertama kalinya masuk zona negatif sejak tahun 1999.

Kabar baiknya, menurut Muchlas, Indonesia bukan termasuk negara yang ekonominya bergantung dengan market dunia, melainkan pada pasar domestik. Karena itu, kata dia, Pemerintah harus menggenjot konsusmsi masyarakat sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi.

“Banpres produktif yang telah diluncurkan Presiden Jokowi perlu diapresiasi dan mendapat dukungan semua pihak. Karena Banprestersebut mencerminkan totalitas Presiden Jokowi menyelamatkan ekonomi rakyat akibat pandemi,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here