Beranda Berita Megawati Usulkan Kurikulum Unhan Sertakan Kunjungan ke Daerah

Megawati Usulkan Kurikulum Unhan Sertakan Kunjungan ke Daerah

316
0

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar kurikulum di Universitas Pertahanan (Unhan) agar memuat studi yang mengajak mahasiswa agar berkunjung ke daerah-daerah.

Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa dapat melihat bagaimana realitas kehidupan masyarakat yang masih banyak kurang berkecukupan.

“Banyak anak negeri ini yang belum memiliki kesempatan untuk berkunjung, tetapi Lemhanas, itu saya singgung sedikit, itu dibuat Bung Karno. Itu kan sebetulnya pertemuan untuk calon-calon pemimpin bangsa,” ujar Megawati

Megawati pun berpesan agar mahasiswa rajin untuk membaca buku dna tidak memilih-milih buku bacaan agar memiliki pemahaman sejarah yang utuh.

Bukan hanya itu saja, megawati pun menceritakan sejarah yang jarang diulas saat pemerintahan Indonesia ingin direbut kembali oleh Belanda setelah proklamasi kemerdekaan. Dengan adanya ancaman tersebut, pada Januari 1946, ibu kota dipindahkan ke Yogyakarta.

Bendera merah putih pun harus dijaga sehingga pada saat itu harus dititipkan kepada HUsein Muhatar yang menyelamatkan bendera sampai ke Yogyakarta. Dengan sejarah tersebut, Megawati menegaskan penghormatan terhadap merah putih dalam setiap upacara harus dipahami generasi bangsa sebagai sebuah komitmen dalam menjaga bendera dengan sepenuh jiwa raga.

“itulah sebenarnya kalau di dalam topi yang harus saya katakan. Sebenarnya mengisi jiwa nasionalisme, patriotisme kepada anak bangsa kita bahwa bela Negara adalah membela simbol-simbol kenegaraan yang ada,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here