Beranda Berita Peningkatan Inventarisasi Dapat Dongkrak Perekonomian

Peningkatan Inventarisasi Dapat Dongkrak Perekonomian

306
0

Presiden Joko Widodo berpesan agar realisasi investasi ditingkatkan. Sehingga, dapat mendongrak pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020. Jokowi tidak ingin kinerja inventasi menjadi anjlok terlalu dalam seperti di kuartal II tahun 2020.

“Yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita di kuartal III 2020, kuncinya selain konsumsi domestik, jangan sampai investasi tumbuhnya di atas minus 5%, “Kemarin kita tumbuh minus 8%. Kalau tidak bisa plus, jangan sampai minus di atas 5%,” kata Jokowi.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia lantas menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan untuk menangani persoalan investasi tersebut. bukan hanya itu saja, dirinya pun telah berbicara dengan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang juga telah menyanggupi realisasi investasi sebesar Rp 213 triliun pada kuartal III 2020.

“Ini betul-betul agar terealisasi, untuk mendongkrak growth kita. Karena itu satu kuncinya,”pungkas Jokowi.

Dengan meningkatkan inventarisasi, hal tersebut bisa dijadikan kunci untuk meningkatkan perekonomian juga. Mengingat ekspor tengah tertekan akibat kesulitan pasar dan konsumsi domestik juga belum menunjukkan peningkatan dikarenakan rendahnya daya beli masyarakat.

“Ini menunjukkan daya beli masyarakat sudah mentok lagi karena terkendala. Misalnya, restoran hanya buka 50%, tempat wisata, okupansi hotel juga belum bisa tinggi. Saya kira tidak apa-apa. Tapi harus ada jurus lain yang bisa kita lakukan, yaitu meningkatkan investasi agar kuartal III bisa mengungkit (pertumbuhan ekonomi),” papar Presiden.

Bukan hanya itu saja, untuk mendongkrak perekonomian, Jokowi juga meminta agar penyaluran bantuan sosial (bansos) ke masyarakat segera disalurkan. Bansos tersebut meliputi BLT Dana Desa, Bansos Tunai, Bantuan Pangan Non Tunai, Banpres Produktif dan Subsidi Gaji.”Yang terbanyak terkendala ini urusan data, urusan account di bank. Kita harapkan pertengahan Agustus sampai pertengahan September sudah selesai. Sehingga bisa mengungkit growth,” tandasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here