Beranda Berita Ekspor UMKM Ditargetkan Naik 100 Persen pada 2024

Ekspor UMKM Ditargetkan Naik 100 Persen pada 2024

304
0

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa Presiden Jokowi menargetkan volume ekspor dari produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik dua kali lipat dari 14% menjadi 28% pada 2024 mendatang.

“Jadi inilah target kami, sekali lagi Pak Presiden memang menargetkan kami menaikkan volume ekspor (UMKM) dari 14 persen saat ini menjadi dua kali lipat pada akhir 2024,” ungkap Teten dalam video conference.

Teten menilai nilai ekspor UKM dari Indonesia memang masih rendah dibandingkan dengan Negara tetangga. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kementerian Koperasi dan UKM di tengah pandemi Covid-19.

“Gara-gara pandemi ini harus mengukur ulang target-target yang lebih realistis, ekspor UMKM dari Indonesia masih rendah,” jelas Teten.

Untuk saat ini, pihaknya akan memetaknan barang apa saja yang dibutuhkan pasar luar negeri. Setelah itu, pemerintah akan fokus mengembangkan sektor yang memang mendapatkan banyak permintaan dari global.

“Sehingga kalau kami sudah masuk nanti kami juga bisa menawarkan produk yang lain. Bisa create yang lain,” jelas Teten.

Ia mencontohkan beberapa sektor yang berpotensi mendapatkan banyak permintaan dari luar negeri seperti pertanian, dan perikanan. Kedua sektor tersebut mayoritas masih dikembangkan oleh UMKM.

“Sektor perikanan yang 96 persen industrinya masih UMKM, lalu juga sektor pertanian,” kata Teten.

Menurutnya permintaan konsumsi produk ikan masih tumbuh 3,1% di global yang mengacu pada laporan Food and Agricultural Organization (FAO).

“Jadi orang sekarang sudah memilih ikan sebagai healthy food dan ini jadi potensi di Indonesia. Ini banyak sekali (produksi) UMKM, baik ikan hidup maupun olahan,” pungkas Teten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here