Beranda Berita PDIP Jatim Siapkan Dua Tim Gerak Cepat Penanganan Bencana

PDIP Jatim Siapkan Dua Tim Gerak Cepat Penanganan Bencana

567
0

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur telah menyiapkan dua tim gerak cepat yang siap membantu di daerah rawan bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus hingga kebakaran di berbagai lokasi.

Langkah tersebut nerupakan arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar partainya selalu membantu rakyat dalam hal apapun

SW Nugroho selaku Kepala Baguna PDI Perjuangan Jawa timur, mengatakan para tim tersebut siap kapan pun dibutuhkan.

“Akan kami siapkan. Karena negara ini kan di berada di jalur Ring of Fire (cincin atau lingkaran api Pasifik), sehingga rawan terjadi gempa bumi dan gunung meletus. Karena itu, Baguna Jatim memandang adanya tim yang siap diterjunkan kemanapun membantu penanganan bencana sebagai suatu kebutuhan,” kata Nugroho di Surabaya.

Terkait hal tersebut, Baguna Jatim mengatakan bahwa telah melakukan rapat koordinasi dengan mengundang Kepala Baguna DPC PDIP dari39 kabupaten/kota se-jatim.

Rapat tersebut dilaksanakan di aula kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri Surabaya. Diketahui, Rakor tersebut dibuka oleh Kepala Baguna DPP Perjuangan Hj Sadarestuwati secara virtual

Adapun program kerja tim Baguna yakni melatih keterampilan dalam hal kebencanaan, meningkatkan kualitas maupun kuantitas relawan baguna yang dilakukan oleh Basarnas dan BNPB.

Peningkatan tersebut akan dilakukan lebih lanjutnya, bukan hanya pada tingkatan DPD Jatim, namun juga ditingkat kabupaten/kota.

“Tiap cabang setidaknya harus ada satu tim. Dari situ kita bisa memilih siapa yang terbaik untuk masuk tim gerak cepat. Selain punya skill, usianya tidak lebih dari 30 tahun,” imbuh pria yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD Jatim ini.

Rencananya, menurut Nugroho, Baguna Jatim menyiapkan dua tim gerak cepat yang di dalam satu timnya terdapat Sembilan personel yang masing-masingnya memiliki kemampuan penanganan bencana.

Sekretaris Baguna PDI Perjuangan Jatim, dr Bayu Utoro menambahkan bahwa selama ini pihaknya sudah bergerak melakukan aksi kemanusiaan baik saat terjadi bencana seperti gempa, gunung meletus, dan banjir.

Sebelumnya, Baguna PDI Perjuangan Surabaya beberapa hari lalu membantu para warga korban kebakaran di kawasan Tambak Asri Surabaya.

“Kami di Baguna Jatim sendiri beberapa kali membantu upaya mitigasi bencana. Seperti saat terjadi bencana akibat Gunung Merapi meletus, tsunami di Sumatera, gempa di Jogja dan Lombok, serta erupsi Gunung Agung di Bali,” terang Bayu.

Sedangkan pada saat pandemic seperti ini, pihaknya juga melakukan aksi social seperti pembagian ratusan ribu masker kain, wastafel portable, face shield dan sembako ke masyarakat Jatim dengan bekerjasama dengan Baguna setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here