Beranda Berita Potensi Wisata Tinggi, Ganjar Pranowo Berharap Seni Pari Porek Bisa Menggaet Wisatawan

Potensi Wisata Tinggi, Ganjar Pranowo Berharap Seni Pari Porek Bisa Menggaet Wisatawan

110
0

Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo mendatangi sawah di Desa Sidorejo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang yang bergambar wajahnya dengan Mahfud Md, lengkap dengan pose tangan 3 jari.

Sawah tersebut digambar oleh seniman Komunitas Pari Corek bernama Sidik Gunawan. Gunawan sudah mengidolakan sosok Ganjar sejak menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Gunawan mengatakan, alasannya menggambar Ganjar-Mahfud lantaran hanya Ganjar pemimpin yang memiliki perhatian dan apresiasi terhadap seni pari corek yang dikembangkannya

“Pak Ganjar itu yang paling merespons seni ini. Jadi mengapresiasi setiap kali kita menggambar, Pak Ganjar mesti mengapresiasi. Ini sudah beberapa kali menggambar dari komunitas pari corek,” ujar Gunawan di Lodji Londo, Sabtu (27/1/2024).

Gunawan menjelaskan, seni pari corek dibuat menggunakan padi pariwulung dari varietas black madras. Dia dan komunitas pari corek merencanakan matang membuat karya seni itu beberapa hari setelah Ganjar resmi dipasangkan dengan Mahfud Md dalam Pilpres 2024.

Menurut Gunawan, seni pari corek yang bergambar Ganjar-Mahfud itu telah viral di media sosial dan mendatangkan rezeki untuk komunitas pari corek dan Lodji Londo.

“Ini sebagai wujud kecintaan kami dari komunitas pari corek kepada Pak Ganjar, kita gambar lagi wajah Pak Ganjar. Kelihatannya ini viral sekali. Itu biasanya untuk lodji, untuk petani ya tentu ada impact positif,” kata Gunawan.

Kepada Ganjar, dia mengaku sangat mendukung program Ganjar-Mahfud yakni program Petani Bangga Bertani. Menurut Gunawan, program itu memotivasi dia dan komunitasnya untuk mengembangkan konsep pertanian dan wisata di area persawahan setempat.

“Saya paling senang sekali dengan program Pak Ganjar yang Petani Bangga Bertani. Itu cocok sekali dengan apa yang kamu konsep. Jadi di sini nanti kita kolaborasikan konsep pertanian dengan wisata,” ucap Gunawan.

Sementara itu, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada komunitas seniman pari corek yang kali kedua menggambar wajahnya di persawahan Lodji Londo. Sebelumnya, wajah Ganjar juga pernah digambar dengan seni pari corek saat masih menjabat gubernur.

Ganjar pun mempromosikan seni pari corek kepada masyarakat luas, agar lebih banyak pihak yang tertarik untuk menggunakan seni pari corek.

“Siapa yang ingin perusahaan logonya atau mungkin pesan-pesannya bisa ditanam di sawah, dengan corak yang diinginkan dan itu bisa diangkat ke media untuk bisa promo dan bisa jadi sponsor,” ungkap Ganjar.

Capres berambut putih itu menilai, seni pari corek mampu memupuk proses kreatif sekaligus dapat menumbuhkan semangat bertani, khususnya bagi kalangan anak muda.

Ganjar berharap, seni pari corek bisa memberikan dampak positif untuk para petani dan masyarakat sekitar dengan potensi wisatanya yang tinggi dengan menghadirkan wisatawan sebanyak-banyaknya.

“Ini proses kreatif yang rasanya anak muda akan tertarik untuk bertani, tidak hanya sekadar menanam tapi ada jiwa seni yang diajarkan. Desa wisatanya sangat bisa berkembang. Di tempat ini juga sudah mulai ada wisata asing masuk. Kalau satu petak kecil yang dimiliki masyarakat ada satu homestay, bisa mendatangkan wisatawan,” jelas Ganjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here