Beranda Berita Ganjar Pranowo Komitmen Mengenalkan Produk UMKM Lokal ke Kancah Internasional

Ganjar Pranowo Komitmen Mengenalkan Produk UMKM Lokal ke Kancah Internasional

68
0

Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menilai pentingnya akses modal, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menaikkan kelas pelaku UMKM.

Lantas ia menceritakan keberhasilannya dalam meraih suku bunga ringan bagi UMKM di Jawa Tengah. Singkat cerita, Ganjar berhasil meyakinkan pihak perbankan untuk memberikan suku bunga ringan bagi UMKM.

Dengan suku bunga rendah dapat memotivasi penurunan KUR nasional secara bertahap dari 12% menjadi 6%.

“Kita bikin semacam KUR untuk kita sendiri, 7% [bunganya]. Itulah yang mengispirasi KUR nasional dari 12% turun ke 9%, pas diumumkan 9 inilah akhirnya turun ke 7% dan turun ke 6%,” ujar Ganjar dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis (11/1).

Ganjar memastikan agar UMKM tahu persis apa yang dikerjakan dan produknya atau product knowledge. Ketika mereka tahu persis itu, maka assessment dilakukan oleh pemerintah.

“Di situlah nanti mereka perlu pelatihan, fasilitas, dan yang lainnya,” lanjut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.
Adapun cara terakhir adalah melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM. Dengan akses permodalan yang memadai, produk UMKM yang dihasilkan juga berkembang dan memiliki daya saing di pasar.

Lebih lanjut, Ganjar juga menceritakan upayanya mengenalkan produk UMKM ke kancah internasional. “Akhirnya saya hubungi sendiri duta besar agar produk UMKM bisa dijual di luar negeri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here