Beranda Berita Ganjar Pranowo Bicara Tentang Potensi Indonesia untuk Produksi Alutsista dalam Negeri

Ganjar Pranowo Bicara Tentang Potensi Indonesia untuk Produksi Alutsista dalam Negeri

72
0

Tema debat capres kedua diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertema pertahanan, ketahanan, keamanan, geopolitik dan juga hubungan luar negeri, yang akan berlangsung 7 Januari mendatang. Ganjar Pranowo di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa menyebut kebutuhan dasar alutsista dari tiga matra yakni darat, laut dan utara harus dipersiapkan sungguh-sungguh. “Dan yang kita tanya adalah penggunanya, jangan sampai penggunanya tidak siap. Maka kalau kita mau bicara transisi alutsista, maka transisinya jangan kejauhan, karena peralatan alutsista makin hari makin modern,” ujar dia.

Ganjar berbicara soal industri pertahanan dalam negeri yang, menurutnya Indonesia telah punya kemampuan untuk memproduksi alutsista. “Kalau-lah kebutuhan itu tinggi kan lebih baik produksi juga ada dalam negeri, salah satu contoh. Tapi dari sisi politik luar negeri yang lain, memang ada yang kepentingannya langsung terkait dengan kondisi nasional kita,” ujar Ganjar.

Selain itu, mengenai tema debat capres kedua, Ganjar Pranowo mengaku tak ingin bicara muluk- muluk. Sebaliknya, ia menekankan perhatiannya pada nasib pekerja migran Indonesia (PMI) yang tidak terurus. “Hati-hati, karena Kemlu (Kementerian Luar Negeri) selama ini punya perhatian yang bagus soal itu. Saya pernah berbincang dengan Ibu Menlu ( Menteri Luar Negeri) dan ternyata problem besar kita di luar negeri terkait dengan kepentingan nasional adalah pada pekerja migran. Ini yang penting,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here