Beranda Berita Bupati Eisti’anah berpesan agar pemilih pemula aktif mengawal jalannya pesta demokrasi

Bupati Eisti’anah berpesan agar pemilih pemula aktif mengawal jalannya pesta demokrasi

60
0

Pemerintah Kabupaten Demak mengajak pemilih pemula untuk bisa berkontribusi mengunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang.

Demikian yang disampaikan, Bupati Demak Eisti’anah seusai menghadiri acara pendidikan politik dan etika budaya politik bagi pemilih pemula dengan tema menciptakan pemilih cerdas untuk pemilu yang berkualitas di Kabupaten Demak di SMAN 1 Karanganyar, Kabupaten Demak, Senin (27/11/2023).

Menurut Mba Eisti sapaan akrabnya, para pemilih pemula berada dalam era di mana keputusan politik sangat memengaruhi arah dan kualitas hidup semua.

“Oleh karena itu, kalian para generasi muda harus melek politik,” kata Bupati Demak Eisti’anah.

Bagi dia, melek politik bukan sekadar tahu siapa presiden atau kepala daerah, tetapi juga memahami isu-isu penting yang memengaruhi masyarakat.

“Dengan mengetahui lebih banyak, kalian dapat membuat keputusan yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif pada perubahan,” ujarnya.

Dia ingin pelajar semua sebagai pemilih pemula harus dapat mendominasi jumlah pemilih.

“Artinya kalian semua adalah agen perubahan dan pemangku kepentingan yang sesungguhnya,” ungkapnya.

Bupati berpesan agar jangan ragu untuk mengejar informasi, mengungkapkan pendapat, dan turut serta dalam proses demokrasi.

“Masa depan daerah tergantung pada partisipasi aktif kalian. Jadilah generasi muda yang cerdas, pandai memfilter berita hoaks dan ujaran kebencian. Jaga nilai-nilai toleransi dan berikan kritik yang objektif,” ungkapnya.

Disisi lain, Sekda Demak Ahmad Sugiharto mengatak bahwa tahun 2024 mendatang akan diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024 dan Pemilihan Serentak Nasional (Pemilukada) pada 27 November 2024.

Untuk itu lanjut kata dia, berpesan mari jadikan pesta demokrasi 2024 sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam pembangunan Demak yang lebih baik.

“Saya menghimbau kalian semua sebagai pemilih pemula untuk dapat terlibat secara aktif dalam diskusi politik dengan mengikuti berbagai program yang digagas oleh KPU, seperti program relawan demokrasi, rumah pintar pemilu, KPU Goes To School, Campus dan Pesantren, event stand up pemilu serta kegiatan kepemudaan,” kata dia

Dia ingin para pemilih pemula untuk selalu menjunjung tinggi etika budaya dalam berpolitik, yaitu dengan kejujuran, transparansi, dan saling menghormati dalam setiap interaksi politik.

“Saya berharap kalian semua dapat menjalani proses politik dengan integritas, menghormati perbedaan pendapat, dan menjaga kebersamaan. Bersama kita ciptakan budaya politik yang bersih dan bermartabat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here