Beranda Berita Eko Suswanto berharap para pemuda bisa mewarisi nilai-nilai kepahlawanan

Eko Suswanto berharap para pemuda bisa mewarisi nilai-nilai kepahlawanan

55
0

Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, ajak masyarakat nonton bareng pergelaran wayang kulit semalam suntuk di halaman gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (10/11) pukul 19.30 WIB.

Pergelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Cakraningrat dibawakan oleh Ki Dalang Geter Pamuji Widodo. Pergelaran ‘Ringgit purwo sedalu natas’ tersebut, digelar untuk memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2023.

Keteladanan pahlawan bangsa dalam perjalanan sejarah Indonesia, menurut Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, penting direfleksikan bersama dan mewujud nyata di masa kini.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember, DPRD DIY menggelar wayang kulit dengan lakon Wahyu Cakraningrat yang diiringi karawitan Wargo Laras.

Gelaran wayang jadi rangkaian DPRD DIY peringati hari Pahlawan 10 November, sesuai agenda akan dimulai tepat pukul 19.30 WIB di halaman gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Gelaran wayang itu upaya pembatinan keteladanan pejuang bangsa seperti meneladani laku Bung Karno, Bung Hatta hingga Radjiman Wedyodiningrat, ke museum naskah Proklamasi dan Tugu Proklamasi telah bersama dijalankan.

Masyarakat penting juga aplikasikan keteladanan yang dikerjakan para pahlawan bangsa. Setidaknya masyarakat khusunya generasi muda, bisa mewarisi nilai-nilai keteladanan pahlawan dalam membangun bangsa.

“Melalui gelaran wayang kulit, nilai kepahlawanan seperti kecintaan kepada nusa bangsa, melebihi pembelaan terhadap pribadi keluarga dan golongan disuarakan bersama-sama,” ujar Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY.

Para pahlawan bangsa rela kehilangan nyawa, harta benda, dibuang, dipenjarakan oleh penjajah demi kepentingan kemerdekaan RI, jauh diatas kepentingan pribadi atau keluarga.

“Di luar itu, kepahlawanan hari ini tercermin dari saudara kita yang cinta lingkungan, mereka yang suka menanam ada di tengah kita semua,” ujar Eko Suwanto politisi muda PDI Perjuangan.

”Jiwa dan semangat pahlawan beri keteladanan pemimpin, untuk mendedikasikan diri, berikan diri demi kepentingan bangsa dan negara,” tambah Eko Suwanto, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Pagelaran Wayang Kulit lakon Wahyu Cakraningrat digelar dengan Ki dalang Geter Pamuji Widodo, diharapkan bisa kembali hadirkan nila-nilai kepahlawanan pada 10 November. 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here