Beranda Berita Mensos Risma berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak kekeringan

Mensos Risma berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak kekeringan

54
0

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, berkunjung secara langsung ke daerah terdampak kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Minggu (29/10/2023).

Mensos Risma mengatakan, kekeringan yang melanda wilayah tersebut telah mencapai tingkat parah, dengan sungai-sungai di sekitar wilayah tersebut mengalami kekeringan total. Warga hanya bisa mengandalkan satu sumber air tanah kecil yang masih tersedia di sungai yang kering.

“Saya pertama mendapatkan berita ini (kekeringan, red) dari media, terus saya minta cek Mbak Estu (Sadarestuwati, red), ternyata itu benar,” ujar Risma, saat berada di Dusun Tondowesi.

Menurut Risma, setelah dirinya memeriksa lokasi sumber air yang terletak 150 meter dari jalan raya, dengan medan terjal berbukit nan gersang, ternyata kualitasnya jelek. Adanya kandungan kapur dan garam pada sumber tersebut, membuat air yang dihasilkan nanti akan mempengaruhi kesehatan penduduk setempat.

“Sumber yang tadi itu ternyata kita cek kualitasnya, jelek. Dan itu bahaya sekali. Karena kalau mengandung kapur, pasti ginjal yang kena. Tadi ada juga komponen yang cukup berat tadi, garam, ada kapur. Oleh karena itu, kita akan alihkan ke sumber yang lain,” jelasnya.

Mensos Risma melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan air bersih dan air siap minum kepada warga, sambil juga mengupayakan pengeboran sumur air.

“Sementara kita menyuplai air bersih dan air minum, sehingga bapak-bapak dan ibu-ibu dapat segera mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari dan konsumsi. Kami juga berupaya untuk membuat sumur bor,” jelasnya.

“Semoga kita segera berhasil, karena kami harus menggali hingga kedalaman 120 meter untuk menemukan sumber air. Pompanya juga butuh yang besar untuk bisa membawa air di lokasi tong-tong (tandon air) yang sudah kita siapkan nanti. Sisanya nanti dinaikkan ke water toren baru naik ke tandon atas,” lanjutnya.

Sementara itu, Sadarestuwati yang turut mendampingi Mensos Risma berharap masyarakat Jombang tetap optimis dalam menghadapi kesulitan yang sedang menerpa. Ketua DPC PDI Perjuangan Jombang itu berkomitmen untuk selalu menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat demi kepentingan masyarakat pula.

“Saya berharap, semua warga terus optimis dan percaya bahwa kekeringan akan bisa diatasi. Karena kami akan terus berusaha, berusaha, dan berusaha, untuk selalu ada mengawal kepentingan, serta kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

“Seperti yang sudah-sudah, Bu Mensos juga mengatasi kekeringan dan mengawal terus yang ada di Gunung Kidul,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here