Beranda Berita Presiden Jokowi Targetkan Kereta Sulawesi Tersambung Dari Makassar Hingga Manado

Presiden Jokowi Targetkan Kereta Sulawesi Tersambung Dari Makassar Hingga Manado

359
0

Kereta api (KA) Makassar-Parepare sudah mulai diuji coba melayani penumpang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat ini rutenya tersambung dari Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru sampai Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

“Naik kereta api di Sulawesi? Sekarang bukan lagi hanya mimpi. Relnya sudah terbangun, keretanya pun sudah beroperasi. Saat ini, kereta api pertama di Sulawesi di jalur Makassar-Parepare sudah diuji coba melayani penumpang,” kata Jokowi di Instagram @jokowi, dikutip Sabtu (28/1/2023).

Jokowi menargetkan kereta api pertama di Sulawesi itu bisa tersambung Makassar di Sulawesi Selatan hingga Manado di Sulawesi Utara.

“Di masa mendatang, kereta api akan menyambungkan kota dan daerah dari Makassar di Sulawesi Selatan hingga Manado di Sulawesi Utara,” lanjut Jokowi.

Jalur kereta api ini telah dibangun sejak 2015 untuk pertama kali groundbreaking lintasan kereta dari Makassar hingga Parepare. Kereta api di Sulawesi ini sekarang sudah terbangun kurang lebih 110 kilometer.

Rel kereta api di Sulawesi ini memiliki lebar 1.435 mm. Ukuran ini diklaim jauh lebih besar dari pada KA yang ada di Jawa. Dengan rel yang lebih lebar, disebut bisa menampung kapasitas yang lebih besar juga.

Dalam video yang diunggah Jokowi, Kepala Operasional dan Layanan KA Trans Sulawesi, Rizqi Prasetyo, menjelaskan, saat ini uji coba KA Makassar-Parepare hanya untuk angkutan penumpang. Tetapi nantinya kereta api di sana juga difokuskan untuk angkutan barang.

Ia menyebutkan rincian jalur angkutan barang yang akan terintegrasi, jalur Makassar yang akan menuju ke pelabuhan Makassar baru. Kemudian arah Barru terhubung dengan Pelabuhan Garongkong.

“Ada percabangan rel ke arah Pabrik Semen Tonasa,” terangnya.

Dalam video yang diunggahnya, kereta api penumpang cukup mewah dengan warna eksterior dominan kuning dan dibumbui dengan motif batik. Untuk desain interiornya juga terlihat kelas eksekutif dengan kursi yang tersedia 2-3.

Selama perjalanan menggunakan KA Makassar-Parepare, penumpang akan dimanjakan dengan hamparan sawah hingga hutan. Pemandangan lainnya bisa melihat pegunungan dan melihat indahnya lautan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here