Beranda Uncategorized Kemensos: September, Anak Yatim Bakal Dapat Bansos

Kemensos: September, Anak Yatim Bakal Dapat Bansos

202
0

Kementerian Sosial (Kemensos) berencana akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada anak yatim. Rencananya bansos akan mulai disalurkan pada bulan depan atau September mendatang.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menjelaskan rencana penambahan bansos bagi anak yatim tersebut sudah dibicarakan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku bendahara negara.

“Yang sudah disetujui untuk penambahan untuk anak yatim, lagi kita hitung kemarin, makannya kita ngebut mudah-mudahan September itu bisa direalisasi,” kata dia saat ditemui di Kompleks Parlemen MPR/DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Meski demikian ia belum dapat menjelaskan lebih rinci besaran nominal bansos yang akan diterima dan jumlah anak yatim yang akan menerima bantuan sosial.

Namun yang pasti pihaknya sudah mengantongi data anak yatim yang akan diberikan bantuan sosial tersebut. Tak hanya anak yatim yang ada di panti asuhan, tetapi juga mereka yang tinggal sendiri.

“Ini masih dihitung. Kita hitung. Soalnya kan ini tergantung anggarannya juga. Saya gak bisa sebutkan,” kata dia.

Risma mengatakan bantuan sosial ini dipandang perlu, karena anak yatim tidak tersentuh di susunan keluarga atau tidak masuk ke data keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga luput dari uluran tangan dari negara.

Selain bansos bagi anak yatim, pemerintah juga akan menambah nilai bansos PKH, yang mencakup bansos kepada masyarakat disabilitas, lansia hidup sendiri, ibu hamil, dan balita. Harapannya, penambahan bansos ini juga bisa terealisasi pada September 2022.

“Ini kan tinggal semester dua, tinggal beberapa bulan lagi, pasti mungkin penambahannya yah September,” tutur Risma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here