Beranda Berita Ketua DPRD Magetan Mengapresiasi Terbentuknya Kampung Pancasila di kawedanan

Ketua DPRD Magetan Mengapresiasi Terbentuknya Kampung Pancasila di kawedanan

223
0

MAGETAN – Ketua DPRD Magetan, Sujatno, menghadiri acara peresmian kampung Pancasila Desa Pojok Kecamatan Kawedanan, Kamis (17/3/2022). Desa Pojok menjadi satu dari sekian desa di Kabupaten Magetan yang dikukuhkan menjadi kampung Pancasila dengan inisiatif pembentukan dari Kodim 0804 Magetan.

Berkesempatan meresmikan kampung Pancasila di desa tersebut, Sujatno melakukan pemukulan gong sebagai tanda disahkannya Desa Pojok sebagai percontohan dalam implementasi ajaran Pancasila. Acara dihadiri pejabat Forkopimcam, perangkat desa, dan tokoh masyarakat setempat.

“Kita bersama menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara,” pesan Sujatno dalam sambutannya pada acara tersebut.

Desa Pojok, lanjut dia, sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di dalam masyarakat dengan sikap toleransi antar umat beragama, suku dan ras.

Wakil rakyat yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan tersebut menambahkan, Pancasila sudah terbukti menjadi ideologi dan falsafah dalam berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak hanya diucapkan, tetapi sudah menjadi laku keseharian warga.

“Pancasila menjadi working ideology. Yaitu, ideologi yang hidup dan menghidupkan solidaritas kebangsaan kita,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Pojok, Dedi Semedi menyampaikan terima kasihnya atas penunjukan Desa Pojok sebagai percontohan Kampung Pancasila. Ini tidak terepas dari peran serta semua warga desanya dalam mengamalkan nilai nilai Pancasila.

“Hidup Gotong royong dan toleransi yang tinggi merupakan ciri khas kehidupan desa dan merupakan bagian dari pengamalan Pancasila” ucap Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here