Beranda Uncategorized Antisipasi Covid-19 Omicron, Bupati Banyuwangi Cek Kesiapan RSUD Blambangan

Antisipasi Covid-19 Omicron, Bupati Banyuwangi Cek Kesiapan RSUD Blambangan

191
0

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengecek langsung persiapan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di RSUD Blambangan, Selasa (8/2/2022).

Pengecekan dilakukan guna menghadapi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron jika sewaktu-waktu terjadi. Bupati Ipuk ingin memastikan dan mengetahui secara langsung bagaimana kondisi RSUD Blambangan.

“Kami dan rumah sakit waspada, mempersiapkan semuanya. Mulai dari ketersediaan bed pasien, obat-obatan, dan oksigen. Karena angka Covid-19 di Banyuwangi sudah cukup tinggi, ada 192 kasus,” kata Ipuk.

Ipuk mengatakan, saat ini bed pasien yang disiapkan sementara ini ada sekitar 49 unit. Baik di ruang ICU maupun ruang Isolasi.

“Jika nanti ada lonjakan yang juga harus ditambah tenaga kesehatannya. Sekarang kita sudah merekrut relawan, nah itu bisa kita panggil lagi untuk kembali terlibat,” ungkap Ipuk.

Menurut Ipuk, guna antisipasi Omicron, pihaknya akan mengaktifkan kembali tempat isolasi terpusat (isoter) di tingkat kecamatan, serta PPKM Mikro juga akan disiapkan guna mengantisipasi lonjakan.

“Kita berusaha ketika prokes di tengah masyarakat diperketat, mudah-mudahan tidak ada lonjakan yang harus masuk ke rumah sakit, cukup diisolasi mandiri saja,” terangnya.

Sementara itu Direktur RSUD Balambangan, dr. Widji Lestariono menambahkan, saat ini ada 10 orang positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit setempat.

RSUD Blambangan juga belum memastikan pasien yang dirawat apakah terpapar varian Omicron atau tidak, karena 20 sampel masih dikirim ke Surabaya untuk dilakukan tes uji Omicron. “Saat ini kami masih menunggu kepastian dari hasil laboratorium di Surabaya. Karena ada 20 sampel pasien dari berbagai RS di Banyuwangi yang dikirim. 10 pasien di rawat disini,” kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here