Beranda Berita Renny Pramana Ajak Warga Tanggap Bencana

Renny Pramana Ajak Warga Tanggap Bencana

236
0

Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur, Hj Wara Sundari Renny Pramana mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tanggap bencana. Sebab Indonesia termasuk negara rawan bencana lantaran dipengaruhi kondisi alam dan geografisnya.

Ajakan Renny Pramana disampaikan dalam acara sosialisasi Peraturan Daerah Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penanggulangan Bencana di Jawa Timur. Acara berlangsung dua hari, 29-30 April 2021 di Grand Surya, kota Kediri.

“Jadi jangan menunggu bencana terjadi baru kita berbuat. Idealnya adalah sebelum terjadi bencana kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Sosialisasi seperti ini akan terus kita lakukan di daerah-daerah rawan terjadi bencana seperti di Nganjuk dan daerah lain,” kata Renny Pramana.

Bencana alam, kata Renny Pramana, tidak bisa diprediksi secara akurat. Tetapi bisa dilakukan pencegahan sejak dini.

“Seperti keadaan tanah di barat sungai itu, banyak ereng-ereng. Ereng-ereng itu, jalan yang tanahnya yang tidak merata seperti buah blimbing. Yang seperti ini rawan longsor. Ini bisa dicegah sejak dini misalkan dengan penghijauan” Kata Renny Pramana yang juga Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Kerawanan bencana di Jawa Timur, juga secara umum Indonesia, terang Renny Pramana, dikarenakan letak kewilayahan negeri ini yang berada pada jalur gunung berapi. Juga titik pertemuan tiga lempeng tektonik.

Renny Pramana juga mengungkapkan, kader-kader PDI Perjuangan seperti dirinya, memang mendapatkan arahan secara langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk terus melakukan edukasi masyarakat dalam hal kebencanaan. “Intinya, lebih baik mencegah,” pungkas Renny Pramana.

Sosialisasi bertema penguatan peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana di Jawa Timur diikuti 126 peserta.

Dalam sosialisasi itu Renny Pramana Bersama sejawatnya di Komisi E DPRD Jatim, yakni Ida Bagus Nugroho.

Ida Bagus Nugoroho menambahkan, ada berbagai potensi bencana di Jawa Timur. Mulai dari bencana banjir bandang, gelombang dan cuaca ekstrim, gempa bumi, kekeringan, tanah longsor, hingga Tsunami.

” Masyarakat sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana memiliki peran yang sangat penting untuk upaya penanggulangan bencana ” pungkas Ida Bagus Nugroho yang juga salah seorang Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here