Beranda Berita PDI Perjuangan Fokuskan Bantuan Ringankan Masyarakat di Tengah Pandemi

PDI Perjuangan Fokuskan Bantuan Ringankan Masyarakat di Tengah Pandemi

380
0

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang luas bagi sektor perekonomian, pendidikan, sosial, pembangunan, sampai pariwisata. Guna meringankan beban masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng melakukan beberapa langkah untuk memulihkan semua sektor yang terdampak.

DPRD pun turut andil mendukung berbagai keputusan dan kebijakan penanganan Covid-19 baik dari pemerintah pusat sampai tingkat daerah.

Hal tersebut mengemuka dalam diskusi Radio Suara Serasi 107.3 FM di Kantor Sekretariat Daerah, Kabupaten Semarang, Kamis (18/2/2021). Memandu acara host radio, Risti membuka diskusi dengan pertanyaan apa saja peran DPRD Jawa Tengah dalam menangani Covid-19 terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah kabupaten/kota.

“Peran apa sajakah yang sudah dilakukan dan sedang berjalan oleh DPRD Jawa Tengah untuk menekan angka pandemi Covid-19 yang terus meluas? Banyak kebijakan yang dikeluarkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam menekan covid serta memulihkan semua sektor terutama di bidang perekonomian,” terang dia.

Menanggapi, Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto atau disapa Bambang Kribo memaparkan beberapa kebijakan penting dikeluarkan dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebagai lembaga politik, DPRD mendukung semua kebijakan beberapa diantara relokasi atau refocusing anggaran.

Saat ini, fokus pemerintah adalah program vaksinasi maka peran kalangan dewan ikut mengawasi dan proses pemberian imunisasi sesuai target yang ditentukan.

“Sejak ditetapkan darurat bencana nasional Maret 2020 lalu, beberapa program dikeluarkan, di antaranya adalah relokasi atau refocusing anggaran yang semula untuk beberapa sektor difokuskan penangan covid” katanya.

Program pembatasan sosial dan jogo tonggo ini untuk menjaga sektor dari bawah agar tidak terdampak diupayakan oleh para anggota. Dengan cara turun ke dapil masing-masing memantau dan mengawasi agar tepat sasaran seperti bantuan sosial ke masyarakat dan pemberian apd ke tenaga kesehatan.

”Kami juga mendorong untuk menggunakan aset-aset milik provinsi sebagai bantuan tempat isolasi bagi terindikasi positif covid-19,” jelas legislator F PDIP itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here