Beranda Berita PDI Perjuangan Papua Ajak Warga Tanam Pohon Sagu untuk Masa Depan

PDI Perjuangan Papua Ajak Warga Tanam Pohon Sagu untuk Masa Depan

321
0

PDI Perjuangan (PDIP) Papua ajak masyarakat setempat tanam pohon sagu untuk masa depan. Gerakan tanam sejuta pohon dilakukan jelang HUT ke 48 PDIP yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Di Bumi Cenderawasih, Ketua DPD PDIP Papua, John Wempi Wetipo menyebutkan gerakan tanam pohon sagu dilakukan di lahan seluas 4 hektare.

Menurut Wempi, jika dalam satu hektare bisa ditanami 400 pohon sagu, maka di lahan seluas 4 hektare, bisa ditanami 1.600 pohon sagu.

“Pohon sagu untuk masa depan Papua, untuk anak cucu kita. Saat ini, kita semua hanya menjadi penggerak untuk menanam pohon sagu dan nantinya dapat dinikmati oleh anak cucu,” jelasnya

Untuk menanam pohon sagu berkelanjutan, Wempi minta dukungan semua pihak, ondoafi, kepala kampung dan masyarakat adat dalam menyukseskan penanaman pohon sagu.

“Termasuk minta dukungan dinas kehutanan provinsi dan kabupaten/kota, dengan penyediaan bibit yang dapat ditanam bersama,” Wempi menambahkan.

Pohon sagu dipilih oleh PDIP Papua dalam gerakan menanam pohon dalam rangkaian HUT ke 48 PDIP, dengan tujuan mempertahankan kearifan dan panganan lokal di Papua.

“Pangan lokal wajib dilestarikan, sebab pangan lokal baik dikonsumsi, dibandingkan membeli makanan lainnya di toko,” ujarnya.

Dalam rangkaian HUT ke 48 PDI Perjuangan, pada Minggu (10/1) PDIP Papua akan membagikan sebanyak 48 tumpeng ke sejumlah tokoh adat, masyarakat dan agama serta stakeholder terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here