Beranda Berita Donor Darah Perempuan Sarinah PDIP Kumpulkan 190 Kantong Darah

Donor Darah Perempuan Sarinah PDIP Kumpulkan 190 Kantong Darah

336
0

Perempuan Sarinah DPC PDIP Kota Denpasar bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Bali, Taruna Merah Putih, dan simpatisan PDIP menggelar donor darah bersama di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 4 Niti Mandala Denpasar.

Istri Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini, mengapresiasi antusiasme masyarakat, utamanya generasi muda, yang ikut mendonorkan darahnya, sehingga terhimpun 190 kantong darah.

Awalnya, yang mendaftar berdonor darah mencapai 250 orang. Namun, jumlahnya bertambah, karena banyak peserta yang mendaftar saat donor darah di Kantor DPD PDIP sudah berlangsung. Perempuan Sarinah PDIP memang memberdayakan wadahnya kaum muda, yakni Taruna Merah Putih dan Banteng Muda Indonesia (BMI), untuk memviralkan kegiatan donor darah tersebut melalui platform digital.

Suastini Koster menyaksikan langsung tingginya animo kaum muda yang ikut berbagi dalam aksi kemanusiaan ini.

“Ketika mendengar akan ada donor darah, ternyata animo anak muda luar biasa. Ketika Perempuan Sarinah PDI Perjuangan menargetkan 100 pendonor, yang mendaftar ternyata jauh melebihi. Empati mereka sangat luar biasa. Ternyata anak-anak kita perlu disentuh, perlu diajak. Dari sana kita asah rasa empati, kemanusiaan dan rasa kepeduliannya,” ujar Suastini Koster.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali ini menyebutkan, kekuatan perempuan yang ada di PDIP digabung dalam wadah Perempuan Sarinah PDIP, yang dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Lewat wadah Perempuan Sarinah PDIP ini, para Srikandi coba melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Menurut Suastini Koster, bertemunya Perempuan Sarinah PDIP dengan UTD PMI Provinsi Bali merupakan langkah yang sangat baik, mengingat stok darah di PMI Bali saat ini menipis seiring dampak pandemi Covid-19. “Dari Kepala UTD PMI Bali tadi juga berharap sinergitas ini sering dilakukan, karena membantu PMI untuk mengumpulkan stok darah yang lebih banyak. Mungkin bisa berkala tiga bulan sekali,” katanya.

“Setetes darah kita adalah nyawa bagi kemanusiaan. Selama pandemi ini, kami berharap banyak hati yang tersentuh dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, terutama Perempuan Sarinah,” lanjut tokoh perempuan dan istri Gubernur Bali yang juga dikenal sebagai seniwati multitalenta ini.

Disebutkan, kegiatan donor darah ini bukan kali pertama digelar Perempuan Sarinah PDIP. Jauh sebelumnya, Perempuan Sarinah PDIP di Bali sudah sempat melakukan donor darah serentak di seluruh Kantor DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali ketika wadah ini baru dikukuhkan. Kala itu, terkumpul 1000-an kantong darah. “Sekarang mendapat kesempatan lagi, kita lakukan kembali kegiatan ini,” tandas Suastini Koster.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah Perempuan Sarinah PDIP Bali, Ni Wayan Sari Galung, mengatakan hingga batas pendaftaran terakhir melalui link atau online, calon pendonor mencapai 250 orang. Namun, saat hari pelaksanaan donor darah kemarin, banyak juga peserta mendaftar secara offline. “Kami bekerjasama dengan UTD PMI Provinsi Bali, Taruna Merah Putih, dan simpatisan PDI Perjuangan. Target kami 100 kantong darah. Tapi, karena kami share di media dan masyarakat antusias, sepertinya melebihi target,” papar Saei Galung.

Meski peserta membeludak, acara donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pengecekan suhu, penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir, penggunaan masker, hand sanitizer, hingga jaga jarak. “Kita juga tidak menginginkan adanya klaster baru Cavid-19 setelah ini,” tegas Srikandi PDIP yang juga anggota DPRD Bali Dapil Denpasar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here