Beranda Berita Wa Ode Herlina: Pandemi di Jakarta Jadi Momentum Memumpuk Kebersamaan Warga

Wa Ode Herlina: Pandemi di Jakarta Jadi Momentum Memumpuk Kebersamaan Warga

383
0

Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta menilai, wabah Covid-19 di Ibu Kota dapat menjadi momentum yang baik bagi pemerintah daerah dalam memupuk kebersamaan warga Ibu Kota. Hal ini berkaca pada total kasus Covid-19 di Jakarta yang paling tinggi dibanding daerah lain di Indonesia, dengan menembus 114.343 orang sampai Rabu (11/11/2020).

Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina mengatakan, pemerintah daerah harus memperkuat pondasi kebersamaan warganya dalam memberantas wabah Covid-19. Dia meyakini, sikap gotong royong karena adanya interaksi sosial yang baik dapat menekan penularan Covid-19.

“Pemerintah dapat melibatkan sarana yang ada melalui kelembagaan RT dan RW atau kumpul warga untuk membangun kebersamaan warga di lingkungannya masing-masing,” ujar Wa Ode

Wa Ode mengatakan, seluruh makhluk hidup memiliki ketergantungan dengan makhluk lain. Tidak terkecuali manusia, mereka juga memerlukan bantuan orang lain terutama ketika menghadapi masalah. Karena itu, dia meminta sikap individualisme warga Jakarta harus dikesampingkan. Perangkat Camat, Lurah, RW dan RT harus mengedukasi warganya betapa pentingnya bersosialisasi yang baik, terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Contoh, apabila ada tetangga yang terkena Covid-19. Siapapun dia dan bagaimana latar belakangnya, jika terkena musibah, kita harus gotong royong membantunya,” kata dia.

“Jadi, di saat pandemi begini warga harus kompak melawan Covid-19, bukannya malah individualisme karena jauh dari semangat kebersamaan untuk mengatasi persoalan,” ujarnya

sikap gotong royong tidak hanya dilakukan ketika ada musibah saja, tapi bisa dilakukan dalam upaya preventif. Misalnya, masyarakat rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas umum yang ada di pemukimannya, saling mengingatkan jaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

“Jakarta ini sebagai daerah pluralisme karena menjadi gerbang Indonesia, jadi harus memperkuat pondasi budaya yang selama ini terjalin yaitu gotong royong,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here