Beranda Berita Jokowi: Tata Kelola Pemerintahan Harus Dibangun Akuntabel dan Bebas Korupsi

Jokowi: Tata Kelola Pemerintahan Harus Dibangun Akuntabel dan Bebas Korupsi

392
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) yang gelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor. dalam acara tersebut dirinya menginginkan tata kelola pemerintahan yang terbebas dari budaya korupsi.

“Kita harus membangun tata kelola pemerintahan yang baik, yang cepat, yang produktif, yang efisien dan di saat yang sama juga harus akuntabel dan bebas dari korupsi,” kata Jokowi.

Menurutnya dua hal tersebut sama pentingnya dan tidak dapat ditukar dengan apa pun juga. Langkah cepat dan tepat tidak boleh mengabaikan transparansi dan akuntabilitas.

“Keduanya harus dijalankan, berjalan bersamaan dan saling menguatkan,” tegas Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada KPK yang diketahui memimpin ANPK. Karena upaya pencegahan korupsi harus dilakukan secara besar-besaran untuk mencegah terjadinya korupsi.

“Dengan tetap tentu saja melakukan aksi penindakan yang tegas terhadap pelaku tindak pidana korupsi tanpa pandang bulu,” ujar Jokowi.

Jokowi pun menambahkan bahwa momentum krisis kesehatan dan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 ini merupakan momentum yang tepat untuk bebenah secara komprehensif.

“Hal ini memang tidak mudah. Selama ini memang tidak mudah. Tetapi ini adalah tantangan yang harus kita pecahkan. Kita harus merumuskan dan melakukan langkah-langkah yang konkrit yang konsisten dari waktu ke waktu,” terang Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here