Beranda Berita Jokowi Berikan Bantuan Rp 2,4 Juta Untuk Usaha Mikro

Jokowi Berikan Bantuan Rp 2,4 Juta Untuk Usaha Mikro

299
0

Presiden Joko Widodo menyebut, bantuan untuk para pelaku usaha mikro akan disalurkan mulai pekan depan

Bantuan tersebut senilai Rp 2,4 juta yang akan menambahkan modal kerja para pengusaha mikro yang terdampak pandemic Covid-19.

“Jadi pemerintah nanti minggu depan akan membagikan yang namanya modal kerja darurat, namanya banpres produktif. Totalnya 2,4 juta kepada 9,1 juta pedagang, pengusaha kecil dan mikro,” kata Jokowi.

Sementara itu, bantuan untuk 9,1 juta pengusaha mikro di seluruh Tanah Air akan ditransfer langsung ke rekening penerima. Jokowi menyadari, para pengusaha mikro mengalami kesulitan karena pandemi Covid-19. Omzet para pengusaha bisa turun lebih dari setengahnya. Oleh karena itu, Kepala Negara berharap bantuan ini bisa membantu para pengusaha mikro yang terdampak.

“Kita tahu dalam pandemi ini kita merasakan betapa sulitnya. Bukan hanya kecil, menengah dan besar juga merasakan,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta agar para pengusaha mikro bisa bertahan sampai akhir tahun ini dan meyakini kondisi perekonomian akan membaik setelah ditemukan vaksin Covid-19 di tahun depan.

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Teten Masduki sebelumnya meminta para pelaku usaha mikro bisa aktif mendaftarkan diri ke dinas koperasi terdekat untuk mendapat bantuan ini.

“Kami mengajak pada pelaku usaha mikro yang belum dapat pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk aktif mendaftarkan diri ke dinas koperasi terdekat,” kata Teten.

Ia mengatakan, pemerintah sebenarnya telah mengantongi data 17 juta usaha mikro. Namun, data itu masih harus diverifikasi. Setelah verifikasi rampung, maka dana bantuan akan ditransfer ke rekening. “Rp 2,4 juta sekali transfer. Langsung ditransfer ke rekening penerima,” kata Teten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here