Beranda Berita PDIP Berada di Urutan Pertama Terkait Kedekatan Dengan Rakyat

PDIP Berada di Urutan Pertama Terkait Kedekatan Dengan Rakyat

412
0

Lembaga survey Akurat Poll Sentra Riset and Consulting merilis hasil survey yang dilakukan pada 15-24 Juli 2020 mengenai kedekatan partai politik (parpol) dengan masyarakat.

Lembaga tersebut diketahui keterkaitan erat dengan Akurat.co.
Direktur Eksekutif Akurat Poll, Adlan Nawawi menuturkan ada 89% publik merasa tidak dekat dengan parpol dan sisanya sebesar 11,4% merasa dekat dengan parpol.

“Hasil ini terbagi dengan seluruh partai. Dari 11,4 persen itu kita tanyakan siapa parpol yang mementingkan perjuangan rakyat,” kata Adlan.

PDI Perjuangan yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut dinilai sebagai parpol yang dianggap paling dekat dengan rakyat. Partai tersebut memperoleh data sebanyak 14,2%, disusul dengan partai Gerindra dengan perolehan 8% dan Partai Golkar dengan suara 6,1%.

“PKS 4,9 persen, PKB 4,1 persen kemudian disusul dengan partai-partai lainnya,” ujar Adlan.

Lebih lanjut, survey dilakukan dengan mengambil sample 1.210 dari 34 provinsi di Indonesia yang sudah memiliki hak pilih yakni yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah.

Survei menggunakan teknik multistage random sampling dan memiliki tolerasi kesalahan dugaan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95.0 persen.

Pengumpulan data pada survey tersebut dilakukan dengan cara wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang sudah terlatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangai responden terpilih (spot check).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here