Beranda Berita Presiden Jokowi menyebutkan, batik memiliki simbol dan identitas budaya yang mencerminkan Indonesia

Presiden Jokowi menyebutkan, batik memiliki simbol dan identitas budaya yang mencerminkan Indonesia

120
0

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran Istana Berbatik yang digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu malam, 1 Oktober 2023. Melalui Istana Berbatik yang digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, Presiden mengajak masyarakat di seluruh Tanah Air untuk ikut serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang dimiliki Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus bangga memiliki batik sebagai salah satu karya seni dan warisan budaya tak benda. Menurut Presiden, batik memiliki simbol, teknik, hingga budaya yang mencerminkan Indonesia.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” ucap Presiden.

Dalam pagelaran Istana Berbatik kali ini, semua tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian batik dengan beragam motif dan corak dari berbagai daerah di Tanah Air. Presiden Jokowi diketahui mengenakan batik parang barong seling kembang udan riris. Sedangkan Ibu Iriana tampak anggun mengenakan atasan batik motif truntum yang dipadukan dengan bawahan batik motif parang.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara sahabat, para gubernur, hingga para penggiat seni di Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here