Beranda Berita Hasto: Geopolitik Soekarno jadi landasan kebijakan polugri-pertahanan

Hasto: Geopolitik Soekarno jadi landasan kebijakan polugri-pertahanan

94
0

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai pemikiran geopolitik Soekarno harus menjadi landasan pengambilan kebijakan politik luar negeri (polugri) dan pertahanan Indonesia untuk mewujudkan kedaulatan negara.

Pemikiran geopolitik Bung Karno pada dasarnya adalah ilmu kepemimpinan Indonesia bagi dunia dengan menggunakan tujuh instrumen kekuatan nasional yang harus terus disimulasikan menjadi keunggulan melalui diplomasi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Hasto saat menjadi pembicara secara daring pada simposium Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan (PPIDK) Timur Tengah-Afrika, di Tunis, Tunisia, Selasa.

Hasto mencontohkan dalam kebijakan pertahanan negara, Soekarno melakukan pembelian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dengan menggunakan pendekatan geopolitik yaitu posisi Indonesia yang strategis dalam kancah global.

Namun saat ini menurut dia, kebijakan pertahanan Indonesia melakukan pembelian alutsista, disebabkan hanya untuk kebutuhan belanja, tidak berdasarkan pendekatan geopolitik.

Kalau pembelian alutsista murni untuk belanja tanpa pendekatan geopolitik maka Indonesia akan terus ketinggalan dengan Singapura. Karena belanja alutsista mereka jauh lebih besar dari kita,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here