Beranda Berita Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Jokowi: Mari Berhijrah dan Melangkah Maju

Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Jokowi: Mari Berhijrah dan Melangkah Maju

80
0

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023). Jokowi mengajak semua masyarakat untuk berhijrah dan melangkah maju.

“Mari berhijrah dan melangkah maju,” kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Rabu (19/7/2023).

Jokowi juga mengajak masyarakat meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Termasuk, hambatan yang menahan untuk melangkah maju.

“Meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Menanggalkan segala hambatan yang menahan kita melaju,” ujarnya.

Pada 2023 ini, tahun baru Islam 1445 H 1 Muharram jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Karenanya, malam 1 Suro atau 1 Muharram terjadi pada Selasa petang-malam, 18 Juli 2023.

Di berbagai daerah, ada berbagai tradisi untuk memperingati tahun baru Islam. Pun, dengan masyarakat Jawa yang memiliki tradisi berdasar kearifan lokal. Tentu tidak semua orang bisa melakukan tradisi yang mengharuskan seseorang berada di sebuah tempat dalam jangka waktu yang lama.

Tapi, kita juga tetap bisa melakukan amalan bernilai ibadah pada malam 1 Muharram, meski tengah bepergian. Salah satu rekomendasi amalan malam 1 Suro adalah membaca surat Al-Ikhlas.

Kita akan memperoleh berbagai fadhilah atau keutamaan surat Al-Ikhlas. Kita juga akan bergelimang manfaat dengan membaca surat Al-Ikhlas. Terlebih surat ini pendek dan nyaris seluruh umat Islam hapal di luar kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here