Beranda Berita Hasto Minta Mahasiswa Kembangkan Intelektual Dengan Membaca

Hasto Minta Mahasiswa Kembangkan Intelektual Dengan Membaca

307
0

Doktor Ilmu Pertahanan dari Universitas Pertahanan Hasto Kristiyanto meminta para mahasiswa di Tanah Air, terutama mahasiswa di Universitas Paramadina untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya dengan membaca buku.

“Bagi teman-teman mahasiswa, mulai hari ini tidak ada hari tanpa membaca buku, tanpa berdialektika dalam alam pikir karena Anda akan punya gambaran tentang masa depan kita, bagaimana seharusnya dengan geopolitik Soekarno dapat membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Ini yang harus dilakukan,” kata Hasto, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut dia sampaikan dalam diskusi tentang “Diskursus Pemikiran Politik Soekarno dan Relevansi terhadap Pertahanan Negara” di Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, hadir Rektor Universitas Paramadina Didik J Rachbini, pakar geopolitik Dina Sulaeman, pakar politik internasional Musa Alkadzim, dan dosen Universitas Paramadina Khoirul Umam.

Hasto menyampaikan pemikiran geopolitik Presiden Pertama RI Soekarno didasarkan pada pemikiran mengenai kemerdekaan Indonesia untuk persaudaraan dunia yang didasarkan pada Pancasila dan diharapkan bisa menjadi ideologi dunia. Pemikiran tersebut, lanjut dia, ditujukan Soekarno untuk membangun tata dunia baru yang bebas dari imperialisme dan kolonialisme.

“Pemikiran itu bertujuan membangun tata dunia baru yang bebas dari imperialisme dan kolonialisme, berbeda dengan cara pandang Amerika Serikat dan Barat yang melihat dunia akan damai apabila negara-negara di dunia menerapkan sistem demokrasi ala Barat,” lanjut Hasto.

Ia menyampaikan apabila seseorang hendak mempelajari pemikiran geopolitik Soekarno, maka mereka harus memiliki pemikiran negarawan yang sangat kuat.

“Mempelajari pemikiran geopolitik Soekarno harus disertai dengan pemikiran negarawan yang sangat kuat. Kita tak bisa berpikir partisan,” ujar dia.

Hasto menambahkan membaca banyak buku dapat membuat seseorang memiliki pemikiran sebagai negarawan yang sangat kuat.

Dalam kesempatan yang sama, Hasto menyerahkan buku disertasinya bertajuk “Diskursus Pemikiran Politik Soekarno dan Relevansi Terhadap Pertahanan Negara” untuk perpustakaan Universitas Paramadina.

“Buku ini untuk melengkapi koleksi buku di Perpustakaan Universitas Paramadina,” ujar Hasto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here