Beranda Berita Ono Surono Sebut Literasi Digital Kunci Generasi Muda Bijak Dalam Bermedsos

Ono Surono Sebut Literasi Digital Kunci Generasi Muda Bijak Dalam Bermedsos

191
0

Literasi digital khususnya dalam penggunaan gawai atau smartphone untuk media sosial penting dilakukan. Pasalnya, populasi penduduk Indonesia tidak lebih banyak dari jumlah gawai atau smartphone.

Dari total penduduk Indonesia yang diperkirakan sebanyak 271,35 juta jiwa, jumlah gawai tercatat mencapai 345,3 juta. Artinya, setiap orang di Indonesia berpotensi memiliki lebih dari satu gawai.

Merespons kondisi tersebut, DPD Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Barat menggelar kegiatan Literasi Digital bertajuk “Industri Kreatif dan Digital Marketing” di GOR Nanang Masoem, Arcamanik, Bandung, Kamis (23/2).

Kegiatan tersebut terselenggara atas inisiasi Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Junico Siahaan dan dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono.

“Penduduk Indonesia lebih sedikit dari jumlah handphone. Penduduk 271,35 juta dan handphone di Indonesia 345,3 juta, menandakan penting literasi digital terutama di kalangan anak muda agar bijak menggunakan media sosial,” kata Ono Surono, Jumat (24/2).

Selain bijak dalam menggunakan media sosial, Ono juga mendorong generasi muda memanfaatkan gawai untuk industri kreatif dan digital marketing. Sebab menurutnya, hal tersebut penting untuk pengembangan karir generasi muda.

“Saya dulu anak band nongkrong di studio band hingga akhirnya terjun ke organisasi kemasyarakatan yang lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat di daerah Indramayu, hingga akhirnya masuk ke dalam keluarga PDI Perjuangan, sampai menjadi anggota dewan,” kata Ono.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Literasi Digital, Leonardus Luber menerangkan, literasi digital penting diberikan bagi generasi muda karena menjadi tantangan yang akan dihadapi ke depan.

“Anak muda harus siap menghadapi era digital yang berkembang pesat dan juga harus lebih kreatif serta bijak memanfaatkan media sosial,” kata Leonardus.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow dengan pemateri Dosen Fikom Unpad, Ari Agung Prastowo dan Pegiat Industri Kreatif, Ulezayn tersebut dihadiri sedikitnya 300 peserta dari Kecamatan Arcamanik, Mandalajati, Antapani, Ujung Berung, dan Cibiru.

Selain talkshow, peserta juga disuguhi hiburan dari penampilan band, seperti Asteria Harmony, Alunan Semesta, dan Children Of Marley. Mereka juga dapat menikmati kuliner dari berbagai pelaku UMKM.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPD Taruna Merah Putih, Niko Rinaldo, kader-kader TMP Jabar, Ketua DPC TMP Kota Bandung, Kabupaten Subang, Sumedang dan Kota Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here