Beranda Berita Tri Rismaharini Galakkan Penanaman Pohon Untuk Minimalisir Banjir dan Bencana

Tri Rismaharini Galakkan Penanaman Pohon Untuk Minimalisir Banjir dan Bencana

150
0

Upaya menyelamatkan lingkungan dari berbagai bencana perlu terus digalakkan. Hal itu agar kerusakan lingkungan akibat bencana tidak semakin meluas.

Atas hal itu, Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDI Perjuangan, Tri Rismaharini mengatakan pihaknya ingin menyelamatkan lingkungan dari kegiatan Program Penghijauan Nasional yang dibuka pada Minggu (15/1).

Risma mengatakan penanaman pohon, membersihkan aliran sungai, dan melepasliarkan ikan yang dilakukan hari ini di aliran Sungai Kalimalang di Desa Lambangsari, Tambun membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas.

“Jangan dilihat kami hanya menanam pohon, tetapi impact-nya luar biasa karena saya sudah membuktikan sendiri di Surabaya,” kata dia di lokasi.

Risma menyampaikan penanaman pohon ini juga sudah sering dilakukannya selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Dia menerangkan bencana banjir dan angin puting beliung tahunan kini sudah tidak terjadi lagi.

“Setiap hari kami menanam pohon, impact-nya luar biasa, kami relatif tidak banjir lagi. Dulu setiap tahun selalu ada angin puting beliung, tetapi sudah enggak ada lagi. Kemudian kualitas udara pernah mendapat kualitas udara terbaik di Indonesia,” kata dia.

PDI Perjuangan membuka program ini di Jawa Barat, yang dipusatkan di Kabupaten Bekasi. DPD Jawa Barat PDI Perjuangan di bawah komando Ono Surono menargetkan penanaman 50 ribu pohon dengan sebaran di 27 kabupaten dan kota.

Risma mengatakan penduduk Jawa Barat sangat banyak sehingga menjadi titik pembukaan program ini. Dia menyatakan apabila dibandingkan antara lahan dan orang per meter persegi, sebenarnya sudah tidak sebanding lagi dalam aspek pelestarian lingkungan.

“Karena itu, yang bisa kami lakukan adalah meningkatkan kualitas lingkungan untuk bisa ditempati tempat tinggal yang banyak tadi. Berapa bulan lalu, kan, terjadi longsor juga di Bogor,” jelas dia.

Menteri Sosial RI ini juga mengungkapkan program ini merupakan kegiatan untuk merayakan HUT Ke-50 PDI Perjuangan. Risma juga menyampaikan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah memerintahkan seluruh kader untuk turun bersama rakyat.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menambahkan kegiatan hari ini dipusatkan di luas lahan 3 hektare. Ke depannya, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat akan melanjutkan lebih banyak program penghijauan.

“Minggu depan, kami di Muara Gembong dan Desa Sukantani. Jadi, itu dilakukan di seluruh Jawa Barat di 27 kabupaten dan kota. Target kami 50 ribu pohon sesuai dengan HUT Ke-50 PDI Perjuangan,” jelas dia.

Ono juga menyampaikan pihaknya akan melakukan bersih-bersih desa, sungai, dan saluran milik warga. Anggota DPR RI itu menerangkan Januari merupakan bulan yang biasanya selalu terjadi banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here