Beranda Berita PDI Perjuangan Bawa Spirit Sila Ketiga Pancasila Saat HUT ke-50

PDI Perjuangan Bawa Spirit Sila Ketiga Pancasila Saat HUT ke-50

176
0

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan partainya mendasarkan sila ketiga Pancasila dalam menamai tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 parpol berlambang Banteng tersebut.

Diketahui, tema HUT ke-50 PDIP pada 10 Januari 2023 adalah “Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam”.

“Silanya adalah persatuan Indonesia, prinsipnya kebangsaan dan itulah yang membuat kita kuat karena bersatu, kita bersatu untuk kuat,” kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (3/1).

Menurut Hasto, tema HUT ke-50 PDIP yang didasarkan pada sila ketiga Pancasila menjadi tepat karena Indonesia bakal menghadapi Pemilu 2024.

“Lebih mengedepankan agar tahun-tahun politik itu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Itu yang menjadi semangat PDI Perjuangan,” ujarnya.

Pria kelahiran Yogyakarta itu mengungkapkan PDIP terbiasa dengan perbedaan. Antarkader pun sering terjadi silang pendapat. Namun, kata Hasto, PDIP tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan meskipun ada silang pendapat antarkader.

“Kalau di PDI Perjuangan tidak ada persoalan karena kami partai demokrasi Indonesia. Jadi, jangan dilupakan itu, partai demokrasi Indonesia, sehingga dialektika, dinamika, internal itu menjadi hal yan biasa sebagai partai politik,” jelas dia.

Hasto juga mengungkapkan sila ketiga Pancasila yang berbicara tentang persatuan terekam dari anggaran PDIP saat menggelar HUT ke-50. Menurut dia, anggaran pelaksanaan HUT ke-50 diperoleh melalui gotong royong dari para kader secara korektif.

“Gotong royong menyumbang, tumbler misalnya, buku sejarah partai. Masing-masing bergotong royong karena itu spirit yang dibawa PDI Perjuangan,” pungkas Hasto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here