Beranda Berita Mensos Risma Minta Keterlibatan RT/RW untuk Perbaiki Data Kemiskinan

Mensos Risma Minta Keterlibatan RT/RW untuk Perbaiki Data Kemiskinan

183
0

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta seluruh elemen masyarakat untuk andil dalam melakukan perbaikan data kemiskinan yang ada di lingkungan sekitarnya. Hal ini untuk memastikan agar bantuan sosial (bansos) yang disalurkan oleh pemerintah bisa tepat sasaran.

Risma Mengatakan, perbaikan data kemiskinan itu juga bisa dilakukan melalui masing-masing Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) setempat sehingga akurasinya akan lebih tepat. Sebab, lingkungan sekitarlah yang mengetahui detail apakah orang tersebut layak kategori miskin atau tidak.

”Bayangkan untuk perbaikan data harus dialokasikan anggaran sangat besar. Sementara di daerah ada perangkat pemerintah mulai dari RT, RW, desa, kelurahan, dan seterusnya. Menurut saya, lebih baik kita gerakkan energi dari bawah ini,” kata Risma, dikutip dari Kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Karena itu, lanjut Risma, masyarakat bisa memanfaatkan fitur usul sanggah pada aplikasi Cek Bansos untuk memberikan informasi. Teknologi ini adalah untuk meningkatkan ketepatan sasaran dalam penyaluran bansos.

”Dengan fitur ini, masyarakat yang merasa berhak mendapatkan bantuan namun tidak mendapatkan, bisa mengakses fitur ’usul’Atau memberikan informasi bila mengetahui seseorang tidak layak, namun mendapatkan bansos dengan mengakses fitur ’sanggah’,” kata Risma.

Selain itu, Kementerian Sosial mempercepat penanganan kemiskinan dengan berbagai program pemberdayaan. Kini, penerima bantuan di bawah 40 tahun akan menjadi sasaran program pemberdayaan.

”Untuk penerima manfaat di bawah 40 tahun, akan dialihkan ke program pemberdayaan. Kenapa? Karena kita menganggap masih kuat dan mampu,” ujar Risma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here