Beranda Berita Nyoman Parta Ajak Kaum Milenial Rawat Lingkungan

Nyoman Parta Ajak Kaum Milenial Rawat Lingkungan

148
0

Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta mengajak generasi muda milenial untuk turut serta merawat lingkungan.

Menurut politisi yang juga penggiat lingkungan asal Banjar Wangbung, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati ini merawat lingkungan sebagai wujud Cinta Tanah Air.

“Cara mencintai NKRI yang paling sederhana adalah dengan merawat lingkungan. Tanah jangan dicemari dengan limbah, begitu juga air,” jelas Parta saat sosialisasi empat pilar MPR RI (Pancasila, UUD RI, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) di Gianyar, Sabtu (10/12).

Parta mengatakan bahwa Pancasila dengan 5 silannya yang memuat begitu komperhensif dari urusan Religi, kemanusian, cinta tanah air, demokrasi dan keadilan sosial.

Nilai-nilai ini adalah penuntun dan tugas kita adalah mewujudkan dalam penyelenggaraan negara dan pengelolaan sumber kekayaan negara dengan baik serta menerapkan dalam kehidupan sosial.

Seperti sosialisasi sebelumnya, acara ini juga dikemas dengan mengadakan game edukasi pada akhir sesi dengan memberikan pertanyaan terkait materi melalui aplikasi. Sesi ini berhasil membuat para peserta kian bersemangat. Menariknya, diskusi ini berlangsung asik dua arah, dimana para peserta diberikan kesempatan leluasa untuk menyampaikan pandangannya seputar implementasi nilai Pancasila pada generas milenial dan generasi z.

Salah satunya adalah Rosita, mahasiswa Univeritas Warmadewa yang mengaku sangat senang hadir dalam acara ini dan mengapresiasi penyampaian materi yang tepat dengan anak milenial.

“Materinya jadi sampai dengan baik karena cara penyampaian Pak Nyoman Parta yang santai ditambah adanya game edukasi, jadi kami tidak merasa bosan, kami juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan kritis kami tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila di era sekarang,” ungkapnya.

Para pemenang kuis juga diberikan hadiah kuota untuk belajar online sebagai bentuk apresiasi karena sudah aktif berdiskusi.

Nyoman Parta menyampaikan bahwa anak-anak muda hari ini harus mengimplementasikan rasa cinta tanah air dengan hal-hal nyata.

Tidak hanya diskusi tapi juga eksekusi, termasuk bersama merawat lingkungan, dan terkhusus Danau Batur yang menjadi sumber air kita bersama.

“Mari mulai bergerak, dengan semangat kesukarelawanan kalua memang dengan eco enzyme, ini bisa memberikan dampak baik untuk Danau Batur, mari kita lakukan bersama. Jadi ini betul betul gotong royong, jika bapak ibu ingin berkontribusi bisa sama sama gotong royong. Bisa bantu molase bisa bantu gentong bisa bantu gula merah tebu,” ungkapnya.

Mengakhiri sosialisasi, Nyoman Parta menyampaikan rasa senangnya karena para peserta komitmen untuk merawat bumi dari lingkungan terkecilnya yaitu keluarga, meluas kewilayahnya masing-masing. Hal ini adalah bentuk nyata dari pengalaman nilai Pancasila yang sangat sederhana namun penuh makna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here