Beranda Berita Hasto Kristiyanto Berharap Benteng Van den Bosch Jadi Wisata Edukasi dan Sejarah

Hasto Kristiyanto Berharap Benteng Van den Bosch Jadi Wisata Edukasi dan Sejarah

252
0

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berkunjung ke benteng Van den Bosch, Ngawi, Jawa Timur. Hasto menyatakan sangat tertarik dan meminta penjelasan di berbagai sudut ruangan benteng yang dibangun sejak era penjajahan Belanda itu.

“Revitasilisasi benteng Van den Bosch ini mengingatkan kemerdekaan itu tidak taken for granted, tapi harus terus dijaga,” ucap Hasto dalam keterangannya, Minggu (6/11/2022).

Hasto mengajak semua pihak membangun terus semangat disiplin dan spirit sebagai bangsa yang merdeka. Semua harus bekerja keras atas kemerdekaan Indonesia ini.

“Dengan geopolitik saat ini kita harus membangun ketahanan di sektor pangan, energi dan penguasaan iptek dan pengembangan budaya Nusantara. Kalau Belanda saja yang dari segi ukuran relatif kecil bisa menguasai kita yang besar, bukan berarti hal itu tidak mungkin terjadi lagi meski penjajahan dalan bentuk lain,” sebut Hasto.

Sementara itu, Team Leader Pemugar Benteng Wawan Sudarmawan memaparkan bagaimana pihaknya membangun kembali benteng itu dengan tetap menjaga keaslian bangunan.

Berdasarkan catatan sejarah, pada 1825, Ngawi berhasil direbut dan diduduki oleh Belanda. Untuk mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur perdagangan, Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah benteng yang selesai pada 1845.

Benteng ini sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar terpendam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here