Beranda Berita Pemulihan Ekonomi Nasional Jangan Tinggalkan Potensi Perempuan

Pemulihan Ekonomi Nasional Jangan Tinggalkan Potensi Perempuan

188
0

Partisipasi perempuan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah membuktikan diri sebagai penopang ekonomi negara saat pandemi Covid-19. Meski hingga kini perempuan masih dikelompokkan dalam kelompok rentan, namun potensi perempuan yang tetap tangguh berdiri tidak menyerah dalam kondisi sulit, layak untuk terus didukung dan mendapatkan akses yang setara.

Berbicara dalam kegiatan Kick Off Aksi Perempuan oleh Tjufoo dan Stellar Women di Jakarta, Kamis (22/9/2022). Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menegaskan bahwa pemulihan ekonomi nasional tidak boleh meninggalkan potensi perempuan.

“Pemulihan ekonomi dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19 yang memperhatikan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan adalah sebuah keharusan, bukan pilihan. Hal itu didasarkan pada berbagai data, indeks, dan hasil penelitian, menunjukkan bahwa mendorong partisipasi aktif perempuan dalam ekonomi akan mampu menaikkan pendapatan negara secara signifikan,” tutur Menteri PPPA, dalam rilis Sabtu (24/9/2022).

Menteri PPPA menyambut baik program inkubasi khusus yang diinisiasi oleh Tjufoo dan Stellar Women dalam AKSI Perempuan. Kerja kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan akses perempuan Indonesia untuk lebih cepat meningkatkan potensinya dan mencapai ketahanan ekonomi.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengapresiasi AKSI Perempuan, sebuah program inkubasi khusus bagi bisnis yang dirintis perempuan yang bertujuan untuk membuka potensi yang dimiliki wanita dalam memimpin dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka melalui program bimbingan kurasi yang dipimpin oleh para ahli. Kami juga mengajak pihak-pihak lain untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan kualitas perempuan wirausaha dan memberikan solusi dari berbagai tantangan yang menghambat kemajuan perempuan, serta memastikan bahwa perempuan sepenuhnya dilibatkan dalam rencana dan tindakan pemulihan ekonomi global serta pertumbuhan yang inklusif,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here