Beranda Uncategorized Tingkatkan Kunjungan ke Gua Mangkubumi, Kemenparekraf Sosialisasikan Peningkatan Kualitas Jejaring Desa Wisata...

Tingkatkan Kunjungan ke Gua Mangkubumi, Kemenparekraf Sosialisasikan Peningkatan Kualitas Jejaring Desa Wisata Sragen

157
0

Guna meningkatkan wisatawan berkunjung ke Gua Mangkubumi yang berada di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan “Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan dan Jejaring desa wisata Kab Sragen”, Kamis (21/7/2022).

Acara yang diikuti oleh para pelaku wisata Desa Gebang itu, didadakan di pelataran Gua Mangkubumi. Puluhan warga yang mengikuti acara tersebut, tampak serius dan antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Selain sosialisasi kegiatan tersebut juga diisi oleh penampilan tari serta karawitan, sehingga lebih menghidupkan suasana.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM, meminta warga Desa Gebang mampu memanfaatkan potensi yang ada di desanya, terlebih desa itu memiliki Gua Mangkubumi yang kini menjadi tempat destinasi wisata.

“Kalau bisa wisatawan yang datang disiapkan makan, atau misalnya sambil makan ada tari-tarian atau hiburan. Terus saat pengunjung makan ada yang jual souvenir, saya yakin masyarakat di Sragen ini kan kreatif jadi di lokasi ini bisa juga ada penjual surjan, blangkon, kan juga dekat sentra batik,” kata Agustina Wilujeng.

Dengan begitu, Ketua FIB Undip itu yakin, tempat wisata yang ada di Sragen tidak kalah dengan Bali. “Karena keindahan dan narasi Gua Mangkubumi ini sebenarnya orang di Luar Sragen atau Jawa Tengah itu sudah mendengar. Hanya wisatawan itu, saat mau datang kesini itu pertanyaannya nonton gua tok nanti makan masih jauh,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Selain menambah fasilitas, Agustina Wilujeng juga mengusulkan ditambah dengan atraksi wisata lainnya di area tersebut. “Bisa juga ditambah tracking alur sepeda untuk berkeliling, karena sekarang lagi orang berpergian dengan mobil tapi di dalamnya ada sepeda. Jadi begitu turun, pengunjung bisa langsung gowes,” ungkapnya.

Agustina Wilujeng juga menambahkan Gua Mangkubumi yang lokasinya dekat dengan sungai, juga bisa dimanfaatkan para pelaku wisata disitu untuk membuka usaha menyewakan perahu ke pengunjung. “Jadi pengunjung tidak hanya menikmati Gua Mangkubumi saja, namun juga bisa mengelilingi area wisata tersebut ataupun menyebrang sungai,” harapnya.

Para pelaku wisata di Desa Gebang, diminta Agustina Wilujeng juga mulai memikirkan membikin homestay untuk para pengunjung yang akan berwisata ke Gua Mangkubumi.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng, SS, MM (mengenakan batik dan berkacamata), membeli makanan pedagang angkringan yang berada di kawasan Gua Mangkubumi.

Sedangkan Kusmayadi yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan itu mengajak para pelaku wisata di Gua Mangkubumi untuk sering mengadakan even di lokasi tersebut.

“Dengan banyaknya even yang dilakukan akan membuat para wisatawan mendatangi Gua Mangkubumi, kalau ngga ada even akan susah mengundang para wisatawan untuk datang,” ucap, dosen Politeknik Sahid Jakarta.

“Even yang dilakukan bisa dalam bentuk sedekah bumi, atau dengan membuat kegiatan hari bebas dari plastik atau stirofoam. Pada hari itu semuanya kita menggunakan bahan-bahan alami atau organik. Dan itu bisa dijadikan brand akmpung ini,” imbuhnya.

Dengan begitu, ujar Kusmayadi akan terbentuk, bahwa desa ini adalah kampung yang peduli lingkungan dan kelestarian alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here