Beranda Berita Kembangkan SDM Hingga Bangun Infrastruktur, Eri Cahyadi Gandeng Perguruan Tinggi

Kembangkan SDM Hingga Bangun Infrastruktur, Eri Cahyadi Gandeng Perguruan Tinggi

165
0

SURABAYA – Wali Kota Eri Cahyadi bertemu perwakilan dari perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta se-Surabaya, Kamis (21/7/2022). Eri bersama perguruan tinggi sepakat berkolaborasi dalam beberapa bidang.

Dalam pertemuan yang kali pertama dilakukan ini, Eri Cahyadi menyampaikan sejumlah peluang kerja sama. Mulai soal pendidikan, transportasi, fasilitas publik, tata kota, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan lainnya.

“Saya ingin membangun Surabaya dengan semua keilmuan yang ada,” kata Eri Cahyadi.

“Pemkot akan bisa sempurna ketika berkolaborasi dengan semua elemen. Salah satu yang terpenting adalah perguruan tinggi,” sambung alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini.

Dia menyampaikan sejumlah permasalahan yang bisa diselesaikan bersama dengan perguruan tinggi. Di antaranya, soal ekonomi kerakyatan hingga berbagai inovasi bagi pelaku UMKM Kota Pahlawan.

“Apalagi, jumlah pegawai negeri sipil (PNS) kita terbatas. Dengan berkolaborasi bersama perguruan tinggi banyak masalah yang bisa diselesaikan,” ujar dia.

Bentuk kerjasama tersebut di antaranya dengan kehadiran mahasiswa dalam program kerja lapangan (magang) di berbagai program pelayanan masyarakat. Ini dilakukan awal tahun 2022.

“Dengan mahasiswa turun langsung bersama kami ke masyarakat, maka akan ringan tugas pemkot dalam menyelesaikan persoalan UMKM,” jelas politisi PDI Perjuangan ini.

Ke depannya, PT akan diajak kolaborasi mengatasi masalah di sebuah kampung atau lingkup wilayah kelurahan dan kecamatan. Nantinya, akan mendapatkan prasasti sebagai tanda keberhasilan.

Tak hanya itu, kolaborasi juga dilakukan terkait padat karya. Dia berencana menggandeng PT untuk membuatkan sebuah alat atau mesin pembuat paving yang nantinya dapat digunakan pelaku UMKM.

“Tadi saya juga bilang ke para rektor yang hadir. Saya tidak hanya teoritis, tapi bagaimana nantinya teori itu bisa menjadi praktis dan bisa diterapkan. Pada intinya, dalam membangun sebuah kota itu tidak bisa sendiri,” imbuhnya.

Di sisi lain, perguruan tinggi siap berkontribusi dalam membangun Kota Surabaya. Kolaborasi ini menjadi wadah untuk mengaplikasikan keilmuan yang dimiliki.

“Sebagai warga Surabaya, ya harus merasa memiliki kotanya. Jangan sampai kita sibuk membantu kawasan lain, namun lupa menata kotanya sendiri,” ujar Wakil Dekan dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian ITS, Ervina Ahyudanari.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Airlangga (Unair), Bambang Sektiari Lukiswanto turut menyambut bahagia dengan rencana kolaborasi antara pemkot dengan PT negeri dan swasta ini.

Bambang mengatakan, dalam menyelesaikan sebuah permasalahan masyarakat itu tidak hanya bisa dilihat dari sudut pandang pemerintah saja. “Surabaya ini kaya dengan PT-nya, baik negeri maupun swasta,” katanya.

“Itu yang tidak dimiliki oleh kota lain. Mari kita bersama – sama membantu memecahkan berbagai permasalahan dan meningkatkan pembangunan Surabaya,” ajak Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here