Beranda Berita Sri Mulyani: Mari Tinggalkan Kebiasaan Memakai Plastik

Sri Mulyani: Mari Tinggalkan Kebiasaan Memakai Plastik

175
0

Kabupaten Klaten – Wujud peduli terhadap lingkungan hidup, Bupati Klaten, Sri Mulyani, S.M terus menggalakkan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sebagai wadah daging hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut disampaikannya di Kantor Pemkab Klaten, Kamis (7/7/2022).

Sri Mulyani menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Edaran Dinas Lingkungan Hidup Klaten Nomor 669/463/25, ada beberapa poin yang disampaikan terkait pelaksanaan Idul Adha tanpa sampah plastik. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, termasuk meminimalisir adanya pencemaran lingkungan.

“Dalam Surat Edaran Dinas Lingkungan Hidup Klaten Nomor 669/463/25 menghimbau saat pelaksanaan Idul Adha dalam penyembelihan hewan kurban tidak usah pakai plastik untuk wadah daging, karena penggunaan plastik dianggap berbahaya untuk kesehatan tubuh dan menimbulkan sampah. Jadi, warga masyarakat bisa pakai besek yang dialasi daun pisang atau jati,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Klaten itu mengatakan bahwa penggunaan besek sebagai wadah daging kurban dianggap lebih menghasilkan daging yang sehat untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, panitia kurban di masjid atau lokasi pemotongan hewan kurban disarankan mulai meninggalkan kebiasaan memakai plastik.

“Mari bersama-sama kita peduli lingkungan tanpa menggunakan kantong plastik diganti dengan menggunakan besek saat membagikan daging kurban dan kami berharap sebaiknya mulai dijadikan kebiasaan baru, karena memakai besek itu lebih sehat kualitas dagingnya dan lebih ramah lingkungan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here