Beranda Uncategorized Bupati Etik: Perjuangan Nasional Satukan Kekuatan Yang Ada

Bupati Etik: Perjuangan Nasional Satukan Kekuatan Yang Ada

192
0

Kabupaten Sukoharjo – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka pendidikan dan latihan (diklat) wawasan kebangsaan (wasbang) yang digelar oleh Yayasan Gerakan Paramuda Nusantara di Kecamatan Weru, Jumat (4/3/2022).

Dikatakan Bupati, wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa ini berjuang membebaskan diri dari segala bentuk kolonialisasi. Perlawanan terhadap bentuk kolonialisasi dan dominasi tersebut masih bersifat lokal sehingga kurang mampu membawa hasil yang maksimal. Satu kunci dalam hal itu karena perjuangan kedaerahan bergerak sendiri-sendiri, di samping tentunya karena pengaruh penjajah yang terus menggunakan politik adu domba kepada kekuatan daerah tersebut.

“Dalam perkembangannya, munculnya kesadaran bahwa perjuangan bersifat nasional yang mampu menyatukan berbagai kekuatan yang ada,” terangnya.

Bupati Etik mengatakan, merupakan suatu kenyataan ketika pergerakan Budi Uotmo pada 20 Mei 1908 lahir dan berhasil menjadi tonggak awal sejarah perjuangan bangsa yang bersifat nasional. Kemudian disusul gerakan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan puncaknya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Pendidikan karakter saat ini tengah dilanda problematika lebih dari sekadar krisis ekonomi maupun politik, yakni krisis karakter. Berbagai kekerasan melanda negeri ini karena tidak adanya kepercayaan untuk kehidupan yang lebih damai. Hal itu berawal dari minimnya moral dan kejujuran. Dalam konteks yang lebih luas, krisis bangsa tersebut pasti berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan latihan wawasan kebangsaan ini. Saya harap dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Bupati Etik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here