Beranda Berita Wali Kota Madiun Siapkan Jukir jadi Garda Depan Pelayanan Wisatawan

Wali Kota Madiun Siapkan Jukir jadi Garda Depan Pelayanan Wisatawan

210
0

MADIUN – Wali Kota Maidi mengatakan, selain pedagang kaki lima (PKL), juru parkir atau jukir juga menjadi salah satu elemen yang menjadi wajah pelayanan di Kota Madiun.

Untuk menciptakan citra jukir yang diacungi jempol oleh publik, pihaknya melakukan pembinaan agar pelayanan semakin maksimal.

Untuk mewujudkan itu, beberapa waktu lalu Maidi turun langsung memberikan pengarahan kepada para Jukir di Dinas Perhubungan Kota Madiun.

Wali kota dari PDI Perjuangan ini tak canggung duduk bersama 240 Jukir sembari memberikan arahan bagaimana mewujudkan pelayanan yang maksimal.

“Mereka ini (jukir) kan penerima tamunya Kota Madiun. Mereka ini garda terdepan kita, orang yang pertama kali melayani tamu yang datang. Pelayanan harus baik,” kata Maidi, Minggu (27/2/2022).

Menurutnya, hal itu penting mengingat Kota Madiun merupakan kota jujukan wisata sekarang. Berbagai perubahan fisik Kota Pendekar secara tidak langsung meningkatkan wisatawan.

Oleh karena itu, Maidi berharap tamu yang datang tidak meninggalkan kesan buruk. Hal itu harus dimulai dari pelayanan yang paling depan, di antaranya pelayanan dalam jasa parkir.

“Kita beri pembinaan. Melayani harus santun, rapi. Yang rambutnya gondrong ya baiknya dipotong. Melayani jangan dalam kondisi mabuk dan yang paling penting harus sesuai aturan,” tegas Maidi.

Dia menyebut, ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam perbaikan pelayanan jasa parkir. Yakni, penarikan tarif sesuai aturan, melayani dengan sopan, dan tidak hanya ada di lokasi pada saat pemilik kendaraan hendak pergi.

Ketiga hal tersebut memang cukup banyak dikomplain masyarakat. Karenanya, mantan Sekda Kota Madiun ini menegaskan untuk semakin diperbaiki ke depan.

“Kita sangat butuh mereka. Karenanya, keberadaan mereka harus kita hormati, kita hargai. Tetapi harus ingat bahwa kota kita ini kota go nasional bahkan internasional. Pelayanan mereka juga harus terus ditingkatkan,” ungkapnya sembari menyebut mereka merupakan jukir wisata ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here