Beranda Uncategorized Tahun 2022, Bupati Tiwi Prioritaskan Pertumbuhan Ekonomi Purbalingga

Tahun 2022, Bupati Tiwi Prioritaskan Pertumbuhan Ekonomi Purbalingga

239
0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi, akan memprioritaskan pertumbuhan ekonomi Purbalingga di tahun 2022. Kebijakan tersebut masuk dalam 5 prioritas utama pembangunan pasca Pandemi Covid-19. Selain itu, pengembangan sumber daya lokal juga akan diprioritaskan.

“Saya mencanangkan 5 prioritas utama pembangunan di tahun 2022. Sementara, 3 lainnya adalah pemenuhan kebutuhan dasar secara berkelanjutan, mewujudkan SDM yang berdaya saing, serta pembangunan infrastruktur untuk mendukung recovery ekonomi dan melanjutkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik,” tutur Bupati Tiwi, saat acara Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD), dirangkaikan dengan Penyerahan Sertifikat Tanah Pemkab Purbalingga, Penghargaan Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (LKD) TA 2020, serta Penghargaan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), di Operation Room Graha Adiguna, Senin (10/1/2022).

Bupati Tiwi menambahkan, penyerahan DPA ini memiliki arti strategis sebagai langkah awal dimulainya pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2022. Pihaknya meminta kepada seluruh Kepala OPD untuk segera memulai pelaksanaan kegiatan yang sudah dianggarkan dalam APBD 2022. Seluruh SKPD diminta untuk segera melakukan langkah kongkrit dalam percepatan pelaksanaan kegiatan dan tahapannya.

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga menerangkan, Badan Pemerika Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah beberapa waktu lalu mengevaluasi terkait kinerja pendapatan daerah, dalam rangka kemandirian fiskal. Masih banyak hal yang harus dibenahi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya meminta kepada seluruh SKPD untuk memperbaharui regulasi sesuai perkembangan, terutama update database. Selanjutnya, memperbaiki tata kelola pemungutan pajak dan retribusi, melakukan inovasi dalam intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan, serta menggunakan bantuan teknologi IT untuk efisiensi dan transparansi pengelolaan PAD. Tahun ini, dengan keterbatasan anggaran, kita akan fokus terhadap upaya peningkatan PAD,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here